In

Suzuki All New Ertiga, Sang Partner Keluarga


Tak susah menemukan lokasi pameran Suzuki di Summarecon Mal Serpong (SMS), Tangerang. Saat menginjakkan kaki di area pameran Suzuki, Senin 14 Mei 2018 yang lalu, mataku langsung tertuju ke mobil yang mejeng di area ujung SMS itu. 

Ada 4 mobil MPV (Multi Purpose Vehicle). Tiga diantaranya adalah Suzuki All New Ertiga yang belakangan kutahu varian matic dan manual. Itulah sosok mobil generasi baru Ertiga yang menyabet penghargaan “The Best MPV”  di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Award 2018, bulan lalu.
Suzuki All New Ertiga di pameran Summarecon Mal Serpong (SMS), Tangerang. (Foto Ganendra)

Suzuki All New Ertiga di pameran Summarecon Mal Serpong (SMS), Tangerang. (Foto Ganendra)
Kali pertama aku bisa melihat dari jarak dekat Suzuki All New Ertiga yang digadang-gadang Suzuki untuk menggoyang pasar MPV di tanah air itu. Ada satu Suzuki All New Ertiga warna snow white pearl yang ‘kroak’ bagian atap kabinnya.

Itu sample, yang menunjukan seberapa luas kabin baru Suzuki All New Ertiga. Juga seberapa banyak penumpang dan barang mampu diangkut mobil MPV berkapasitas 1500 cc itu.
Suzuki All New Ertiga "kroak"di pameran Summarecon Mal Serpong (SMS), Tangerang. (Foto Ganendra)
Nah mumpung di area belum ramai pengunjung dan teman-teman bloger yang akan ikut acara talkshow bersama Suzuki bertema "Suzuki All New Ertiga sebagai alternatif mobil keluarga Indonesia" belum datang, maka aku puas-puasin ‘ubek-ubek’ Suzuki All New Ertiga itu. 

Mulai dari tongkrongannya alias tampilan/ desain eksternal sampai ‘dalemannya’. Dan ada beberapa faktor kenapa  MPV ini cocok sebagai mobil partner keluarga.   

Suzuki All New Ertiga, Tongkrongan dan Performa

Menilai sebuah mobil tentu banyak faktor kan yak? Seperti tongkrongannya, keren atau nggak? Jika untuk mobil keluarga, mampu membawa banyak penumpang sekaligus barang atau tidak? Lalu performa saat dikendarai, nyaman, aman atau tidak?

Nah melihat tongkrongan 2 mobil Suzuki All New Ertiga varian matic dan manual, sekilas lekat dengan desain ala mobil MPV pada umumnya. Khas banget mobil ‘rumahan’ alias mobil keluarga yang kental bergaya family. Maksudku beda dengan rasa anak muda yang lebih ke model sport getu hehee.

Nampak bongsor. Bagian ‘pantat’ dan kepala cakep. Dilihat dari samping oke, meski terasa ada kemiripan mobil MPV lainnya. Namun untuk desain MPV, cukup pas dengan semangat togetherness atau kebersamaan yang diusung Ertiga.   projector

Model ini memungkinkan cahaya lebih terang dan focus. Pentingnya lagi adalah tak mengganggu pengendara lainnya karena tak menyilaukan mata. Sementara lampu rem belakang juga sudah dilengkapi dengan LED Rear Combination lamps, ini memungkinkan membawa keamanan lebih dari pengendara lainnya.
Suzuki All New Ertiga di pameran Summarecon Mal Serpong (SMS), Tangerang. (Foto Ganendra)

Suzuki All New Ertiga di pameran Summarecon Mal Serpong (SMS), Tangerang. (Foto Ganendra)
Desain luar menyangkut lampu, sudah model projector. Model ini memungkinkan cahaya lebih terang dan focus. Pentingnya lagi adalah tak mengganggu pengendara lainnya karena tak menyilaukan mata. Sementara lampu rem belakang juga sudah dilengkapi dengan LED Rear Combination lamps, ini memungkinkan membawa keamanan lebih dari pengendara lainnya. 

Saat aku mau buka pintu penumpang, di kaca ada gambar mobil yang tergembok. Tau kan symbol apa itu? Itu symbol ‘anti maling’ alias immobilizer yakni sistem enkripsi elektronik untuk menjaga agar cuma kunci asli yang bisa menyalakan mesin. Jadi lebih susah dari tindak kriminal.

Tak cukup puas melihat tongkrongannya, ikut test drive. Paling tidak bisa measakan dibalik kemudinya. Dapetlah jatah Suzuki All New Ertiga varian matic. Area halaman parkir SMS menjadi area uji coba. Bersama 4 kawan bloger lainnya yang ternyata cewek semua, aku dipaksa rela menjadi sopir ‘Inces Team.” Nevermind, aku #tetepHepi bisa membuat kawan senang hahahaa.
Test drive bareng inces. (Dok Inces)
Ditemani seorang perwakilan Suzuki, jadilah kami berenam menjajal Suzuki All New Ertiga varian matic. Dibalik kemudi, ruangan cukup untuk postur tubuhku yang gak terlalu gede hehee, tapi di atas rata-rata seeh hahaa.
Dibalik kemudi. (Dokpri)
Setel jok, maju mundur. Ehh motif joknya terlihat keren, premium coyy. Kaki siap di pedal. Mataku memperhatikan dasborad yang bermotif kayu dengan desain mewah. Tanganku mudah menjangkau ke panel-panel instrumennya.
Jadi sopirnya Inces. (Dokpri)
Udah getu, merhatiin dibalik pintu, banyak tempat tuk naruh printilan, ponsel, minuman dan lainnya. Kelar dah longak longok, cuzz lah nguji laju mobil dengan menyusuri area halaman yang sebenarnya luas cuman areanya memang panjang. Berkelok-kelok. Jadi pas untuk menguji perform mobil di belokan dan radius putar.

Kalau melihat data, Suzuki All New Ertiga memiliki radius putar 5,2 meter. Untuk ukuran MPV dengan panjang, lebar dan tinggi yang memiliki kelebihan dari varian sebelumnya, cukuplah untuk menaklukan putaran. Sempat berputar di salah satu bunderan di area SMS bagian luar. Tetap terasa enak, stabil saat kukemudikan dengan kecepatan rendah.

Hal yang sama di setiap belokan parkir di area basement, dengan ruang yang standar, tak terlalu lebar, cukup nyaman bukan saja buat pengemudi namun juga penumpangnya. Secara para “Inces’ gak ada yang protes saat beberapa kali belok 90 derajat. Hehehe

Soal laju di kecepatan tinggi, tak memungkinkan untuk uji coba, karena terbatasnya lokasi. Mesti di jalan luar. Tapi melihat spesifikasi dengan mesin baru 1,5 cc dengan transmisi 4 A/t dan 5 M/T mestinya soal tenaga tak menjadi masalah. Dibanding Ertiga yang lama dengan mesin K14B 1.373 cc, maka Suzuki All new Ertiga dengan mesin Baru K15B 1.462 cc DOHC VVT jelas lebih bertenaga. Ini penting mengingat dimensi lebih gede.
Suzuki All new Ertiga dengan mesin Baru K15B 1.462 cc DOHC VVT. (Foto Ganendra)
Dengan mesin baru itu tenaga yang dihasilkan mencapai 104,7 daya kuda (ps)/6000 dan torsi 138 Newton meter (Nm)/4400. Itu jelas lebih meningkat dibanding sebelumnya yang hanya punya tenaga 93,6PS/6000 dan torsi 130Nm/4000.

Dengan tenaga mesin baru sebesar itu, jelas membuat  Suzuki All new Ertiga ini semakin nyaman dikendarai di medan yang berat sekalipun. Misalnya saja dikendarai untuk jarak jauh (dibawa mudik), kondisi jalan naik turun dan sebagainya. Tangguh!

Talkshow Mengulik Suzuki All New Ertiga

Selepas dari test drive di Summarecon Mal Serpong, rombongan bloger lanjut menuju Dermaga Makasar Seafood The Breeze BSD City menggunakan bus. Ke lokasi ini aku baru pertama kali. keren dan instagramable.

Pas perut udah keroncongan, untung langsung bisa menikmati hidangan. Ada baso berkuah hangat! Wah pas banget ini, soalnya aku lagi flu, dan sedikit meriang sisa semalam. Eh ada Mas Aris Harvenda, Editor Otomotif KOMPAS.com yang sedang mengambil bakso juga. Aku sering ketemu pria yang akrab dipanggil Aris Jambul itu, di acara otomotif. Pastinya dong, Mas Aris sering jadi narasumber bicara soal otomotif, seperti di hari itu.  

Ambil posisi duduk belakang (soalnya yang depan sudah penuh), aku menikmati semangkuk baso dan kuah hangatnya yang menyegarkan. Tulisan besar di backdrop “Blogger Gathering” berlatar warna biru Nampak menegaskan acara talkshow blogger bareng Suzuki bertema "Suzuki All New Ertiga sebagai alternatif mobil keluarga Indonesia".
Narasumber (kika) Aris Harvenda (Editor Otomotif KOMPAS.com), Harold Donnel (Head of Brand Development Marketing Research) Suzuki Indomobil Sales (SIS), Yulius Purwanto (Product Development & Accessories Head) Suzuki Indomobil Sales (SIS). (Foto Ganendra)
Hadir menjadi narasumber adalah Harold Donnel (Head of Brand Development Marketing Research) Suzuki Indomobil Sales (SIS), Yulius Purwanto (Product Development & Accessories Head) Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan Aris Harvenda (Editor Otomotif KOMPAS.com).

Acara menjadi meriah dipandu oleh MC gokil Lilis pemilik akun IG @njie_aditya. Ehh aku dikerjain pulak. Tapi gak apa-apa, soalnya dikasih  payung hahaa.

Sebelum mengenal lebih dekat Suzuki All New Ertiga,  kudu tahu dulu dong sejarah kenapa mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) itu digemari oleh pasar otomotif di tanah air. Mas Aris menjelaskan dengan singkat, padat dan jelas, bahwa mobil jenis MPV itu dikenal masyarakat Indonesia pada awal 1975 dan dikenal luas mulai 1990. kata Aris Jambul pemilik akun instagram @aris_jambul_harvenda itu.
Narasumber (kika) Aris Harvenda (Editor Otomotif KOMPAS.com), Harold Donnel (Head of Brand Development Marketing Research) Suzuki Indomobil Sales (SIS), Yulius Purwanto (Product Development & Accessories Head) Suzuki Indomobil Sales (SIS). (Foto Ganendra)
“Perkembangan pesat MPV tak lepas dari kebutuhan masyarakat akan mobil yang sanggup mengangkut penumpang sekaligus barang,”

Mengamini uraian Mas Aris itu, memang MPV diminati oleh konsumen khususnya dari segmen keluarga. Coba perhatikan di garasi-garasi rumah tetangga sekitar kita kebanyakan nongkrong mobil jenis MPV. Soalnya jelas karena MPV itu fungsional banget. Mampu bawa penumpang banyak sekaligus barang. Contoh paling gampang seperti ajang mudik tahunan. Enak dan cocok bawa mobil jenis MPV kan?

Nah karakteristik MPV yang cocok buat bepergian rame-rame itu diterjemahkan oleh Suzuki melalui fitur-fitur yang disematkan ke dalam Suzuki All New Ertiga. Memberikan fitur yang dibutuhkan untuk family saat berkendara.

Dijelaskan oleh Harold Donnel, ruang kabin dibuat lebih lega, membuat kenyamanan dan daya tampung lebih besar.   

“Ruang penumpang dan bagasi semakin luas berkat dimensi bertambah panjang,” kata Harold.

Kalau melihat datanya, Suzuki All New Ertiga memiliki panjang 4.395 milimeter, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm. Dimensi itu lebih luas dibanding dengan Ertiga lama. Saat aku melongok ke dalam kabin memang terlihat luas. Jok depan, tengah dan belakang terlihat memiliki ruang kaki bagi penumpang yang lebih lega.
Kabin luas. (Foto Ganendra)
Uniknya lagi jok bisa direbahin flat, mendatar. Benar-benar bisa untuk meluruskan kaki saat pegal. Kalau capek dan mau tidur sejenak bisa lebih nyaman. Aku bayangin kalau pas momen mudik, pulang ke kampung berjarak 700an km dari Jakarta, bisa menepi ke rest area, meluruskan kaki dan rebahan.

Fitur tak kalah penting untuk mobil ‘rame-rame ‘ adalah soal keamanan. Fitur keselamatan Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake Force Distribution (EBD) sudah standar disematkan ke semua tipe  Suzuki All New Ertiga.

“Dengan fitur ABS, Suzuki All New Eriga mampu mencegah penguncian roda saat pengereman mendadak,” jelas Yulius Purwanto.

Sementara fitur EBD, Yulius menambahkan saat pengereman mampu membagi besaran daya pengereman ke semua roda. Jadi lebih aman saat pengereman yang tak terduga. Jelas dengan teknologi keamanan yang maksimal akan membawa kenyamanan bagi pengendara dan penumpangnya.
Spesifikasi Suzuki All New Ertiga. (Foto Ganendra)
Lanjut ke soal mesin. Kemampuan Suzuki All New Eriga memuat penumpang dan barang lebih banyak itu kudu ditopang mesin yang prima. Suzuki All New Eriga disematkan mesin baru K15B yang lebih bertenaga namun tetap efisien. Mesin itu berbeda dengan mesin Ertiga sebelumnya yang menggunakan K14B. Ini transformasi Ertiga yang pastinya disukai konsumen. Mobil lebih bertenaga.

Wah tenaga besar jadi boros dong BBM-nya?

Itu yang menjadi pertanyaan juga di pikiranku. Namun selama ini Suzuki dikenal irit BBM dibanding mobil sekelasnya. Tak terkecuali Suzuki All New Ertiga ini. Konsumsi bahan bakar yang irit dan sudah standarisasi euro4. Apa itu? 

Standarisasi euro4 itu bertujuan mengurangi gas buang dari knalpot kendaraan, baik kadar nitrogenoksida (NOx), karbonmonoksida (CO), hidro karbon (HC), dan particulare matter (pm). Jelas Suzuki sadar betul dengan pentingnya mobil ramah lingkungan, meski kabarnya standar emisi Euro4 di dalam negeri baru akan diberlakukan untuk kendaraan roda empat dan lebih mulai September 2018.  Ini poin plus buat Suzuki.
Seseruan pemenang lomba IG. (Foto Ganendra) 
Keseluruhan acara bermanfaat untuk lebih mengenal Suzuki All New Ertiga serta mengenal tentang mobil MPV. Tentu saja aku senang bisa join di acara blogger gathering ini. Meski gak menang Instagram competition heheee. 

Suzuki All New Ertiga, Partner Keluarga  

Dengan sematan fitur yang menjaga kemanan, kenyamanan pengendara, Suzuki All New Ertiga ini patut menjadi partner keluarga dan mengisi garasi rumah anda. Kenyamanan itu soalnya berkaitan dengan kenyamanan sebagai mobil keluarga itu menyangkut penumpang segala usia. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua. Tak bisa ditawar semua harus nyaman. Setuju?

Nah Suzuki memenuhi selera konsumen dengan tampilan keren Suzuki All New Ertiga dalam  7 pilihan warna, yakni Metallic Magma Grey, Metallic Silky Silver, Pearl Snow White, Pearl Radiant Red, Pearl Glorious Brown, Prime Cool Black dan Pearl Burgundy Red. Warnanya oke-oke. Lalu soal harga? 
Harga Suzuki All New Ertiga. (Foto Ganendra)
Pastilah Suzuki berani bersaing. Coba cek harga ini. Sangat kompetitif bukan?Harga : GA Rp 190 juta, GL MT Rp 211,5 juta, GL AT Rp 222 juta, GX MT Rp 223 juta, GX AT Rp 230 juta, GX ESp MT Rp 228 juta, GX ESp AT Rp 238 juta.

Udah getu ajah ceritaku bareng produk Suzuki, mobil MPV partner keluarga. Pengennya kubawa satu, warna merahnya buat mudik nanti. Semoga suatu saat hehee.
Mantap. (Dokpri)
@spion_id

Related Articles

10 komentar:

  1. Fokus ke foto terakhir. .. Mantaap ..!! Ha ha

    BalasHapus
  2. Yoii mas nampak bongsor tampak dari depan gak seperti yang lamanya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyesss...bongsor, kabin tambah luas..untung tenaganya disuplai mesin gede 1500cc :)

      Hapus
  3. kemarin coba terabas poldur, yang ini lebih enak dan empuk suspensinya, padahal muatan cukup lumayan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. daya suspensi yg diperhitungkan, sesuai dgn muatan bikin nyaman penumpangnya :)

      Hapus
  4. All new Ertiga mobil keluarga banget ini, muat banyak tapi tetap lega bagasinya juga lega.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MPV layak jd pilihan, partner keluarga hehee

      Hapus
  5. Seru banget ya acaranya. . Mcnya kocak banget.. Jadi beneran terhibur dan gak jenuh..

    BalasHapus

Featured Post

(VLOG) Otomotif di Ajang BCA EXPOversary 2018

Ajang #BCAEXPOversary 2018 digelar BCA untuk menyemarakkan HUT BCA ke 61. Tahun ini digelar mulai 9 – 11 Februari 2018. Dibuka secara...