In Event Oto Tips Trik Oto

Antara Mobil Bekas, Asuransi Travel dan Tips Memilihnya




MEMBELI barang bekas atau second seperti sepeda motor atau pun mobil sudah menjadi tren. Sisi kebutuhan nampaknya menjadi pertimbangan. Apalagi kendaraan bekas belum tentu memiliki kualitas yang buruk. Tak sedikit kendaraan bekas yang berkualitas baik, asal tau trik dan tipsnya membeli mobil bekas. Bahkan kendala bagi orang yang awam mesin pun bisa diatasi.

Demikian pula kebutuhan proteksi dalam kegiatan sehari-hari juga sudah menjadi kebutuhan. Asuransi. Ya asuransi menjadi kebutuhan yang semakin diperlukan bagi kita. Sebagai sarana proteksi jiwa, masa tua hingga kebutuhan proteksi menyangkut kenyamanan saat liburan ataupun perjalanan bisnis. Perjalanan bisnis atau pun liburan pun terkait dalam perjalanan riskan akan risiko bukan?

Bahkan untuk perjalanan bisnis sekaligus liburan ke luar negeri, kita butuh kenyamanan dan keamanan kelancaran dalam perjalanan. Mulai dari urusan bagasi, delay/ keterlambatan pesawat dan sebagainya. Sebal gak siih, jika kita jadi ribet dengan tetek bengek itu?

Nah, biasa banyak asuransi yang menawarkan mengkovernya. Namun bagaimana memilih asuransi yang kredibel, aman dapat dipercaya dan tentunya juga proses klaim yang mudah dan cepat tak ribet.

Bagiku, pengalaman menyangkut asuransi adalah bagaimana proses klaim dapat diproses dengan mudah. Biasanya soal membeli asuransi itu mudah, namun mesti disesuaikan dengan program perlindungan yang sesuai kebutuhan kita. 

Siapa sih yang gak mau asuransi yang memang benar-benar kita butuhkan? Siapa sih yang mau ribet urusan klaim? Apalagi saat tertimpa musibah, kita benar-benar butuh proses klaim yang mudah dan tak bikin pusing bukan? Baik dari proses maupun persyaratannya. Menurutku kredibilitas perusahaan asuransi terlihat saat kita mengajukan klaim.  

Sooo untuk urusan membeli asuransi dan mobil bekas agak mirip. Perlu ‘bekal’ kehati-hatian, pilih-pilih perusahaan yang kredibel dan banyak factor lagi. Pastinya namanya membeli ‘barang’ yang ada risiko harusnya di tempat dan pada orang yang dipercaya. Kepercayaan bisa dilihat dari kredibilitas perusahaan dan lain-lain. Lalu gimana sih memilih asuransi online yang kredibel?

Sementara untuk membeli mobil bekas, sebagai pilihannya, Caready Blue Bird menawarkan mobil bekas yang berkualitas. Uniknya mobil bekas yang ditawarkan adalah mobil bekas taxi yang dalam digunakan dalam kurun waktu 5 tahun. Nah pertanyaannya apakah mobil bekas taxi itu masih worth it untuk dibeli?

Menjawab pertanyaan tentang mobil bekas dan asuransi online itu, mobil123.com Portal otomotif No 1  bersama Asuransi MSIG dan Caready Blue Bird  menggelar acara bermanfaat yang membahas kedua tema. Acara digelar pada Rabu 13 September 2017 di Tartine, FX Sudirman, Jakarta.

Acara dihadiri narasumber Bernardus P. Wanandi sebagai Vice President Director of MSIG Indonesia, Ibu Enny sebagai Senior General Manager Production MSIG, Hery Sugiarto as GM Caready Blue Bird, Fajar Nanda sebagai ketua VLOC - Vios Limo Owner Community serta Indra Prabowo dari mobil123.com. 
 
(Kanan) Bernardus P. Wanandi sebagai Vice President Director of MSIG Indonesia, (Tengah) Ibu Enny sebagai Senior General Manager Production MSIG, (Kiri) Hery Sugiarto as GM Caready Blue Bird. (Sumber ISTIMEWA)

Tentang MSIG Travel Insurance

Sering kan sebagai traveler blogger melakukan perjalanan wisata atau mungkin juga bisnis. Nah saat kita melakukan perjalanan ke luar negeri, khususnya, tentu ingin perjalanan lancar dan aman. Tanpa beban ini itu yang bikin perjalanan terganggu. Pernahkah bagasi hilang? Ataupun keterlambatan bagasi? Pernah gak kehilangan paspor, dokumen? Pernah gak delay berjam-jam dan maskapai ribet, yang dampaknya membuat jadwal perjalanan kita terganggu, sebal banget pastinya ya.

Nah untuk kemanan dan jaminan kenyamanan perjalanan dari segala factor ketidaknyamanan dalam perjalanan itu, kita butuh proteksi. Asuransi. Banyak asuransi yang ditawarkan oleh beragam perusahaan asuransi. Namun jangan gegabah dan jangan salah, hati-hati memilih perusahaan asuransi yang kredibel. Apa saja tips dan trik memilih asuransi perjalanan sih?

Pastinya, di jaman digital saat ini, beli asuransi yang respon dan membelinya gampang dong. Digital asuransi. Kalau dulu ada konvensional kan. Beli asuransi secara konvensional tau kan ribet dan lama. Harus hubungi sales, agen, baru mendapatkan penawaran, lalu baru bisa beli, dan masih menunggu polis dikirim. Yaelahh lama banget bokkk!

Nah berkaitan dengan asuransi travel, Ibu Enny selaku Senior General Manager Production MSIG memperkenalkan MSIG Travel Insurance produk dari PT Asuransi MSIG Indonesia.  

“Jaman sekarang serba digital, semua sudah baca berita digital, games, bahkan cari jodoh udah online. Maka kami kami juga menjual asuransi secara online melalui www.msigonline.co.id,” jelas Ibu Enny saat acara Rabu (13/9/2017) di Tartine, FX Sudirman, Jakarta.
Enny selaku Senior General Manager Production MSIG. (Foto GANENDRA)
Dengan demikian MSIG Travel Insurance bisa diakses melalui desktop, mobile kapan pun dimana pun. Respon cepat karena digital.

“Caranya cukup mendaftar, tinggal pilih perlindungan yang dimau, klik beli. Maka kita sudah terkover,” tambah  Ibu Enny.

Keefektifan dan kekinian program karena digital. Semua tentang asuransi sudah dijelaskan di situs tersebut. Paket yang ditawarkan/proteksi menyeluruh, harga kompetitif. Aman dan dapat dipercaya. Pastinya data nasabah aman serta cara pembayaran mudah.

PT Asuransi MSIG Indonesia asuransi online, kenapa terpercaya?

Bernardus P. Wanandi selaku Vice President Director of MSIG Indonesia pada kesempatan yang sama memberikan tips dalam membeli asuransi online. Faktor-faktor berikut ini harus diperhatikan.

Pastikan terdaftar di Otoritas Jasa keuangan/ OJK yang merupakan regulator industri keuangan. Tau kan di Indonesia, bank, asuransi yang diawasi OJK, sangat tertib, menjaga kepastian dari industry tersebut. Industri keuangan tanpa terdaftar di OJK, berisiko investasi bodong dan lain-lain.

Pastikan perusahaan tersebut memiliki reputasi dan diakui secara baik. Latar belakang dan lain-lain bisa di-search.

PT Asuransi MSIG Indonesia dikenal dan berpengalaman secara internasional. Merupakan perusahaan Asuransi Umum Patungan Jepang-Indonesia dan merupakan salah satu yang terbesar dan terbaik di Indonesia. Apalagi merupakan bagian dari MS&AD Insurance Group, sebuah grup asuransi terbesar di Jepang. Tahun depan PT Asuransi MSIG Indonesia akan merayakan 100 tahun.

Menawarkan pembelian mudah dan pembayaranan aman. Beli bisa menggunakan  credit card. Aman datanya. Pembayaran harus secure.

Memberikan e-policy, bukan kertas lagi. 

Bernardus P. Wanandi selaku Vice President Director of MSIG Indonesia. (Foto GANENDRA)
Saat ini MSIG travel insurance didesain khusus perjalanan luar negeri. Untuk perjalanan domestic menyusul.  Produk muncul karena tak terlepas dari fenomena kita suka jalan-jalan dan berbondong-bondong cari tiket murah.  

Menurut Ibu Enny, MSIG Travel Insurance dirancang sedemikian rupa untuk memberikan proteksi secara menyeluruh kepada traveler khususnya ketidaknyamanan selama perjalanan. Proteksi kenyamanan misalnya pesawat delay, bagasi hilang, dokumen hilang, dan lain-lain.  

Lalu apa yang membedakan dengan asuransi perjalanan lainnya?

MSIG Travel Insurance berbeda dengan produk asuransi lain. Sebagai contoh, santunan yang diberikan rata-rata asuaransi lain akibat delay diberikan saat delay lebih 6 jam.

“Kalai di MSIG delay 3 jam santunan diberikan,” kata Bu Enny.

Hal lainnya tentang asuransi keluarga. Di MSIG Travel Insurance memiliki paket unukk keluarga. Di perusahaan Asuransi lain UP /Uang Pertanggungannya untuk satu keluarga. Sementara di polis MSIG, UP berlaku per kepala.

“Jadi kalau bepergian 5 orang yaa dihitung 5 kali UP,” ujar Bu Enny sambil menambahkan bahwa premi di MSIG  lebih kompetitif. Dengan tawaran yang bersaing dan menarik tersebut tentu akan menjadi daya tarik bagi nasabah. Dan pastinya kredibilitas terjaga.

Mobil Bekas Caready Blue Bird, Kredibel dan Terpercaya

Soal kepercayaan dan kredibilitas bukan hanya menyangkut perusahaan asuransi saja, namun juga perusahaan jual beli mobil bekas. Bayangkan pernah gak Anda ingin beli mobil dengan budget harga mobil bekas namun tak mengerti soal mobil? Gimana bingungnya kan?

Nah untuk membeli mobil bekas dengan pengetahuan yang minim tentang mobil dan dijamin tak tertipu oleh penjual, istilahnya dapat barang buruk, tentu ada tips dan triknya.

Kalau aku sih, jelas yang utama adalah tempat membeli mobil bekas yang kredibel. Terpercaya sehingga minim untuk melakukan penipuan. Hal ini juga yang ditekankan oleh Hery Sugiarto as GM Caready Blue Bird.

“Tips sederhananya selalu mencari pembanding, baik online maupun offline, bawa mekanik baik mesin maupun body dan beli di tempat yang terpercaya,” tegas Hery Sugiarto pada kesempatan yang sama di tartine, FX Sudirman, Jakarta.

Dengan tips tersebut, kita yang tak tau pengetahuan soal mesin tidak takut tertipu jika membeli di tempat yang terpercaya. Misalnya saja Caready Blue Bird. Di perusahaan yang menjual mobil bekas, eks dari taxi Blue Bird ini menawarkan barang yang berkualitas.

Vios tahun 2011 yang dijual Caready. (Foto GANENDRA)
Mercedes Benz yang dijual Caready. (Foto GANENDRA)
Mobil bekas eks taxi yang dijual Caready Blue Bird adalah mobil yang terupgrade dari perusahaan taxi tersebut setelah 5 tahun berjalan, usia sesuai STNK. Jadi bukan mobil sembarang bekas.

Semua mobil bekas distandarisasi dengan standard kualitas Blue Bird. Semua mobil di CAReady siap pakai. Ini setelah semua mobil diproses oleh CAReady sebelum dihadirkan kepada konsumen. 

Proses itu seperti seluruh atribut taksi akan dilepas, body mobil akan di cat kembali dengan warna yang diinginkan oleh konsumen, mesin diperiksa dengan peralatan khusus standard Blue Bird, keseluruhan interior akan dirapikan dan yang penting lulus quality control Blue Bird.

“Kita pastiin beli seperti kondisi semula. Mesin di-cek dengan perawatan khusus, lulus quality control. Kami menjaga kualitas, surat-surat aman,” ujar Hery Sugiarto.

Kualitas mobil bekas eks taxi Blue Bird diamini oleh Fajar Nanda ketua VLOC - Vios Limo Owner Community. Ia menggunakan produk limo eks Blue Bird, tahun 2007.

“Selama ini tidak ada mengeluh dengan mobil eks Blue Bird. Sudah dibuktikan VLOG berdiri 4 tahun. Jakarta-Lampung menuju Salatiga mobil keluar dari pool Blue Bird mobil tak masalah,” jelas Fajar yang memiliki anggota komunitas sebanyak 1700an yang tersebar di kota-kota besar ini.  

Menurutnya perawatan selama operasional mobil taxi Blue Bird, quality control Blue Bird cukup bagus. Oleh karena itu Fajar percaya dengan kualitas mobil bekas keluaran Blue Bird. Nah bila Anda penasaran, bisa cek online spesifikasi mobil bekas di www.caready.co.id.

Pastinya jika tempat membeli terpercaya, maka masalah utama yang membuat ragu membeli mobil bekas akan dengan sendirinya sirna. Tentu saja tak ada salahnya jika kita melakukan cek ricek sebisa dan semampu kita. 

Misalnya cek penampilan luar seperti eksterior, ban masih bagus gak, terlihat goresan tabrakan belum, penyok gak. Lihat juga bagian interiror, jok, sobek atau gak. AC dingin gak. Indikator mesin di dasbor ada yang nyala nggak dan lain-lain.

“Pastinya lakukan tes drive minimal tau rem ok gak, kecepatan tertentu muncul nggak balance atau apa, goyang gak dan lain-lain,” ujar Hery Sugiarto.

So, jika demikian, siap membeli mobil bekas di tempat terpercaya? Gak ada salahnya nyoba beli eks taxi Blue Bird yang dijual CAReady. #SalamOtomotif

@rahabganendra  

Related Articles

39 komentar:

  1. Tips-tips nya bermanfaat banget lho apalagi saya pernah pernah salah pilih waktu beli mobil bekas dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes...smg kali lain bisa memilih dgn tepat mobil bekasnya....pilih tempat terpercaya hehee

      Hapus
  2. Siap beli mobil bekas. Biar bekas tapu perawatan blue bird terhadap taksi selama beroperasi patut Di acungi jempol. Wong Kita aja duduk nyaman Selamat taksi itu bekerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. usia 5 tahun masih oke utk mobkas....apalg quality control blue bird ok :)

      Hapus
  3. Kadang kita perlu referensi banyak untuk beli asuransi maupun mobil bekas, ini sangat bermanfaat. Mengingat penjelasan yg detail diperlukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. nag referensi itu penting yess....secara perlu info yg akurat ttg mobkas jk mo beli, atau pun asuransi :)

      Hapus
  4. Mobkas Blue Bird tetap kece dan kualitasnya bagus yaaa kalau beli di CAReady <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. quality control blue bird yg ok bikin kt makin percaya dgn kualitas barangnya :)

      Hapus
  5. Mobil bekas dari blue bird benar benar keliatan seperti baru yaa... Kereeen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. quality control dan proses perbaikan sblm dijual membuat mobkas blue bird lbh oke yess

      Hapus
  6. mobil bekasnya jossss banget ya bos madyang :)

    BalasHapus
  7. nah iya beli mobil mau bekas atau baru, test drive harus banget ya

    BalasHapus
  8. Aku naksir vios birunyaa, kece euy, nggak keliatan banget kalo dulunya itu taksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti warna boleh jg loorrr.... hehee

      Hapus
  9. Mobilnya masih mulus dan bagus ya, apalagi ada asuransi online yang gak pake ribet makin cucok deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hasil quality control BB dan perbaikan yg maksimal :)

      Hapus
  10. Walau secound tapi masih bagus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hasil quality control BB, perawatan dan perbaikan yg maksimal

      Hapus
  11. Tenyata banyak hal yg harus diperhatikan dlm memilih asuransi online dan mobil bekas ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoiiii....sama2 mesti hati2,sesuai kebutuhan....tp kalo belinya di tempat terpercaya, pasti aman deh :)

      Hapus
  12. Mobilnya kinclong ya..gak bakal nyesel beli bekas klo mobilnya ok

    BalasHapus
  13. Wah bener Bang, Klo cari mobkas pilih tempat yg terpercaya gak perlu repot/bingung ...boleh tuh ex BBnya masih mulus

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul...gak ngerti mesin asal tempat belinya terpercaya dan kredibel..aman dah :)

      Hapus
  14. Baru banget tahu ttg MSIG, dan keuntungan yang ditawarkan menggiurkan biar kalau di LN jadi makin tenang. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, baru tau msig...cocok buat loe yg demen halan2 ke LN :D

      Hapus
  15. Nyari mobil bekas emang perlu hati-hati, dan kudu beli ditempat yang terpercaya bair nda nyesel hehe. Nah di mobil123.com/CAReady biasa jadi referensi buat beli mobil bekas dengan kulitas yg oke ka :)

    Thanks tipsnya ka!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup.... mobil123.com/CAReady menjadi referensi piliha terpercaya

      Hapus
  16. Sebegitu ribetnya ya dulu untuk proses beli asuransinya aja, belum kalo pengurusan klaim bakal lebih ribet lagi. Tp skrbg untung ya semua serba online. Perkembangan jaman semakin pesat aja ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...semua serba tekno digital....kekinian, cepat, praktis, mudah, gak ribet :)

      Hapus
  17. Aku ampe takjub itu lihatnya, mobil bekas bisa jadi sekece itu ya

    BalasHapus
  18. kudu test drive ye kalo beli mobil... cuman kalo beli di blue bird caready pasti gak aa masalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku mah harus test (baru aja jg kudu test) ....soalnya bbrp setingan nyopirinnya itu personal banget (beda2 selera orang)....misalnya rem, kalau aku demen yg ga pendek spacenya, orang lain mgk beda selera...setelan kopling (jk transmisi manual) ini hrs diseting sesuai kenyamanan kaki kita ...aku getu seh :)

      Hapus
  19. Sekarang lebih tahu tips dan informasinya beli mobil bekas yang aman, berkualitas dan cocok dikantong ya cuma di CAReady

    BalasHapus

Featured Post

(VLOG) Slalom Daihatsu New SIRION 2015

Peluncuran Daihatsu City Car NEW SIRION dan Slalom Sirion Time Battle 2015 di Parkir Selatan Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, 14 Februa...