In Event Oto Tips Trik Oto

Mengapa Memilih Kaca Film V-KOOL?



Salam otomotif Sobat Spioner. Trims udah berkunjung di blog ini. Kali ini aku akan memberi informasi otomotif tentang kaca film. Tau khan pentingnya kaca film untuk mobil. Bukan sekadar aksesoris loorrr, tapi sangat penting melindungi kulit kita dari radiasi sinar matahari! Yuk baca selengkapnya.

Jika menyebut kaca film, benakku langsung tertuju kepada mobil. Soalnya mobil biasanya menggunakan kaca film bukan hanya sebagai aksesoris namun ada hal yang lebih penting. Dan bicara kaca film, aku langsung terbayang kaca film V-Kool. Ya V-Kool.

Aku akrab mendengar merek ini, karena populer dan bahkan diidentikkan dengan kaca filmnya mobil menengah ke atas. Tentu saja kualitas menjadi jaminan. Lalu seperti apa kualitas sebenarnya kaca film V-Kool itu? Seberapa penting sih kaca film untuk melindungi kita saat berkendara atau pun saat di gedung?

V-Kool dan mobil123.com (foto mobil123.com)
Jakarta itu cuacanya terkenal panas. Berkendara di jalanan ibukota sudah pasti wajib pakai AC sebagai pendingin dan juga kaca film sebagai perlindungan terhadap cahaya tampak yang silau. Eh bahkan yang penting perlindungan terhadap radiasi sinar matahari!

Oleh karena itu memilih kaca film sebagai perlindungan mesti cermat dan tepat. Agar bukan hanya nyaman namun juga aman bagi kesehatan kita. 

Lalu seberapa bahaya sinar matahari sih?

Mungkin sudah tau, kalau sinar matahari yang terpancar ke bumi itu mengirimkan 3 macam gelombang, yakni sinar infrared/ inframerah (IR), ultraviolet (UV) dan sinar cahaya tampak (Visible Light/ VL). Komposisinya ketiganya, masing-masing adalah 53% (IR) : 3% (UV) : 44% (VL).
Gelombang sinar matahari.  (Materi V-Kool)
Nah Infrared tak dapat terlihat oleh mata telanjang kita, tetapi dapat kita rasakan sebagai panas. Sementara Ultraviolet juga tak terlihat oleh mata telanjang. Prosentase UV paling kecil (3%) namun efeknya paling besar dan berbahaya. Jika penyinaran UV dilakukan terus menerus, maka bisa berakibat penuaan dini, kanker kulit serta kerusakan kornea mata/ katarak. Kalau VL atau cahaya tampak berguna untuk penerangan. Dengan penerusan cahaya tampak yang besar akan mengurangi energi yang digunakan untuk pencahayaan interior.

Jelas perlindungan terhadap sinar matahari itu penting. Soo perlindungan untuk mobil, biasanya menggunakan kaca film. Kaca film yang berkualitas tinggi, mampu memberikan efek seperti mengurangi cahaya matahari, efisiensi energi, meningkatkan keamanan, dan meningkatkan penampilan. 

Nah aku bahas satu-satu, dan simpulkan apa yang aku pahami sesuai dengan penjelasan yang aku terima saat acara Blogger Gathering yang digelar V-KOOL Indonesia dan Mobil123.com Portal Otomotif No 1 serta Komunitas ISB (Indonesia Social Blogpreneur). 

Acara bertema "Tips Memilih Kaca Film Berkualitas" itu digelar pada Rabu (26/7/2017) di V-KOOL Flagship Outlet, Kemayoran, Jakarta Pusat itu menghadirkan narasumber dari V-Kool Indonesia. Soo pastinya informasinya bermanfaat banget untuk lebih mengenal tentang kaca film. Sekaligus mengetahui tips bagaimana memilih kaca film berkualitas.

Mengurangi Cahaya Matahari

Kaca film salah satunya adalah untuk melindungi terhadap sinar matahari. Seperti dijelaskan oleh Monita Cherline selaku Promotion & Advertising Manager, saat tes kaca film V-Kool di lantai 1, V-KOOL Flagship Outlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, bahwa saat sinar matahari bertemu kaca maka ada 3 hal yang terjadi, yakni sinar matahari akan masuk diteruskan (transmit), diserap (absorb) atau dipantulkan (reflect). Nah kaca film V-Kool itu menolak panas, bukan menyerap! 

"Kaca film V-KOOL melindungi dari panas sinar infra merah dan sinar ultra violet karena film V-Kool adalah menolak panas bukan menyerap panas,"
kata Monita.

Monita jelaskan tentang kaca film V-Kool. (foto spion.id)

Kemampuan itu berkat teknologi V-Kool yang mengadopsi coating pesawat Stealth Bomber atau dikenal dengan nama pesawat Siluman. Pesawat yang berperan besar di Perang Teluk dulu. Pesawat itu mampu 'hilang' dari radar karena karakteristik kemampuan memilih gelombang. Sehingga mampu  memilih, memantulkan, menolak dan mengirimkan/ meneruskan panas.

Ilustrasi pesawat Stealth Bomber. (i.kinja-img.com)

Nurlaela Sari, selaku Marketing Executive V-Kool Indonesia menjelaskan bahwa kaca film V-Kool didukung bahan dasar utamanya adalah Polyester. Kaca film V-Kool terdiri dari 6 lapis, antara lain lapisan  liner,  lem untuk menempelkan ke kaca, Polyester bening berlapis metal (1 MIL),   lem untuk laminasi, Polyester bening (1/2 MIL) dan terakhir lapisan anti gores.  Filter penolak panas V-Kool terletak diantara dua polyester bening.  (Lihat gambar di bawah ini).
Komposisi kaca film V-Kool. (Materi V-Kool)
"Itulah yang memungkinkan kaca film V-Kool menolak panas bukan menyerap panas," jelas Nurlaela Sari pada kesempatan yang sama. 

Jelas bahwa kaca film V-Kool mampu mengurangi bahaya radiasi sinar matahari dan tidak tembus panas saat berkendara.

Nurlaela Sari sedang presentasi tentang kaca film V-Kool. (foto spion.id)

Meningkatkan Keamanan

Kaca film bisa meningkatkan keamanan dari pancaran sinar matahari. Mulai dari gangguan silau sinar matahari, hingga melindungi kulit dari radiasi UV maupun IR.  UV bisa berefek berbahaya, jika penyinaran UV dilakukan terus menerus, bisa berakibat penuaan dini, kanker kulit serta kerusakan kornea mata/ katarak.

Nah V-Kool yang berbahan dasar kaca film  Polyester adalah bahan yang kualitasnya bagus. Prosesnya menggunakan DC Magnetron Sputtering Machine. Lapisan logam atau metal yang ditembakkan sangat kecil, seperti atom yang ketebalannya lebih tipis dari sehelai rambut ditanam ke top 1% polyester film terbaik di dunia yang jernih dan terbukti mampu bertahan lama. 

Polyester bening tahan lebih lama. Film bertumpuk logam berlapis. Polyetser berlapis metal bukan hanya sekali lapis, namun 7 kali pelapisan metalnya. Filter penolak panas V-Kool terletak diantara dua polyester bening.  Ini yang membuat daya tolak panas tinggi. 

Itu terbukti saat dilakukan pengujian. Kaca film V-Kool dan kaca film merek lain disorot dalam beberapa detik dengan lampu 500 watt! Hasilnya? Kaca merek lain langsung meleleh terbakar, sedangkan V-Kool tidak.

Uji kaca film V-Kool dibanding merek lain. (foto spion.id)

Uji coba lain saat aku mencoba masuk di dalam mobil dengan menggunakan kaca film V-Kool dan tidak. Disorot dengan lampu 500 watt beberapa menit. Hasilnya di mobil dengan kaca film V-Kool tak gerah, karena terlindung. sementara menggunakan kaca film lain, langsung gerah.

Uji kaca film V-Kool di dalam kabin dengan sinar lampu 500 watt. (foto spion.id)

Efisiensi Energi

Saat berkendara, AC pasti dalam kondisi menyala, untuk meredam panas. Namun jika AC menyala tentu menyedot konsumsi BBM lebih boros dibanding tidak menggunakan AC. Bayangkan jika dalam kabin panas matahari yang masuk tanpa perlindungan kaca film, jelas kabin panas bukan? Konsumsi AC juga lebih banyak.

Nah jika menggunakan kaca film maka kabin lebih cepat dalam kondisi normal. Terlindung dari sinar matahari yang masuk. Dampaknya BBM lebih efesien, karena AC tak bekerja lebih keras.

Seperti yang dicontohkan Nurlaela, saat mobil parkir di tempat terbuka, terpapar panas matahari, maka kaca film bisa melindungi kabin tak cepat panas. Kaca film V-Kool memberikan daya kemampuan mengembalikan ke suhu normal pada kabin 25% lebih cepat dibanding kaca film lainnya. Ini jelas berdampak pada konsumsi BBM saat mobil sudah digunakan.

Ehhh kaca film V-Kool juga bisa mengaplikasikan V- pada gedung dan hunian lhoo. Interior gedung bisa terlindungi  dari sinar UV dan menjaga suhu ruangan tetap sejuk sehingga penggunaan AC bisa diminimalisir.
Ruangan tempat acara menggunakan V-Kool. (foto spion.id)

Meningkatkan Penampilan

V-Kool seringkali digunakan oleh mobil-mobil mewah, dan menambah tampilan makin memikat. Seperti mobil Camry milik Bossku di kantor yang menggunakan kaca film V-Kool. Tongkrongannya lebih terkesan cool dan mewah. Tak heran kalau membeli mobil-mobil berkelas biasanya sudah include  kaca film V-Kool. 

Artinya mobil yang terpasang kaca film V-Kool lebih dihargai, dan bisa jadi selling poin. Selain meningkatkan penampilan, V-Kool juga tahan lama. Susah rusak dengan penggunaan standar. 

"Kami memberikan garansi 5 tahun, tapi kami jamin V-Kool berdaya tahan lama," jelas Monita.

Kaca film V-Kool. (foto spion.id)
Sooo, Mengapa Mesti Pilih V-Kool?

Faktor yang layak menjadi pertimbangan menggunakan produk V-Kool, bukan hanya kualitasnya namun juga menyangkut layanan profesional V-Kool di Indonesia.  Aku simpulkan beberapa alasan memilih kaca film V-Kool.  

1. V-Kool sudah berpengalaman 21 tahun dan berstandar internasional. Produk film V-Kool diproduksi oleh perusahaan global, yang tersebar di dunia. Mengaplikasikan teknologi canggih yang diakui bahwa kecanggihan teknologi pelapis kaca V-Kool menjadi salah satu dari 100 penemuan yang bermanfaat pada abad ini.  

2. Produk V-Kool hanya konsentrasi produk kaca film. Fokus mengembangkan riset dalam  menghasilkan kaca film yang berkualitas baik. Ada dua tempat produksi di dunia.  Kualitas premium diproduksi pabrik Southwall Technologies di USA dan Jerman.

3.  Tehnologinya paling depan, mengadopsi tenologi canggih pesawat Stealth Bomber. Hal ini menjamin bahwa film V-Kool memiliki kualitas tak sembarangan.  

4. Di Indonesia sudah ada jaringan di 82 dealer, di 40 kota.  Imagenya  sudah terkenal dan menjadi kaca film paling baik di tanah air saat ini. jaringan yang luas memudahkan konsumen saat membutuhkan layanan. Outletnya mudah dikenal, menjaga keaslian V-Kool dengan tak menjual yang lain.

Materi V-Kool.

5. Layanan purna jual yang dijamin. Ada garansi sehingga purna jual terjaga. Garansi resmi 5 tahun dijamin oleh V-Kool.

6. V-Kool disupport oleh teknisi yang terampil dan pengalaman. Ini membuat pemasangan V-KOOL lebih aman dan terjamin rapi berkualitas.   

7. Cek Spesifikasi di Website Resmi. Segala informasi tentang produk dan spesifikasi ada di situs resminya: www.v-kool.com. Ini memudahkan konsumen dalam layanannya.  

8. Mobil yang terpasang kaca film V-Kool itu lebih cool dan keren lhoo. Penampilannya lebih elegan dan memikat. Itulah kenapa banyak mobil mewah yang menggunakannya. Eh sudah banyak mendapat penghargaan loor termasuk dari MURI (Museum Record Indonesia).

Salah dua penghargaan. (foto spion.id)

Penghargaan V-Kool. (Materi V-Kool)

Sooo, rasanya memilih kaca film bagi mobil maupun hunian ataupun office sudah harus memperhitungkan banyak aspek. Bukan hanya nyaman, namun juga aman dari bahaya sinar matahari. Kenali manfaatnya, lalu pilihlah kaca film yang tepat berkualitas. 

Eh kalau mau pasang V-Kool di Jakarta, bolehlah pilih lokasi V-KOOL Flagship Outlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. Sambil menunggu pemasangan 3-4 jam, bisa bersantai di lantai 2 yang adem, karena kaca sekelilingnya menggunakankaca film V-Kool 20%, tak silau dan sejuk hehee. Sekaligus bisa main bilyar lhoo heheheee.

Oke deh segetu dulu informasinya Sobat Spioner. Yukk cek lagi kaca film kita. V-KOOL, You deserve the best!

#SalamSpion

IG@spion.id aka @rahabganendra

Foto cover: Monita dan stafnya sedang menunjukkan kaca film V-Kool. (foto spion.id)

Related Articles

32 komentar:

  1. Kualitas kaca film V-Kool memang bagus, tak perlu diragukan lagi. Sudah banyak meraih penghargaan juga.

    BalasHapus
  2. Joss tenan, Sebelum mengikuti test penyinaran sy menganggap kacafilm adalah hal biasa saja, sekedar mengurangi cahaya yg masuk agar tidak terlalu gebyar. Namun anggapan saya kini berubah, kacafilm ternyata selain mereduksi cahaya ternyata jg mengurangi rasa panas yang besertanya. Vkool memang mutakhir teknologinya. Seiring dengan Green konsep ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata bisa mencegah penuaan dini kang hehee

      yes green konsep :)

      Hapus
  3. Semenjak ikut event ini, aku sampe nanya suami, mobil pake VKOOL ga, kalau ga kita ganti saja. Soalnya produk VKOOL berkualitas banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mestinya kenal teh, secara vkool populer banget heheee... ada harga ada rupa kualitasnya :)

      Hapus
  4. bener2 detail ya kualitasnya pantes aja cuma fokus ke produk kaca film soalnya mementingkan kualitas dan inovasinya berjalan terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benera sekali.....v-kool fokus and spesialis hanya kaca film :)

      Hapus
  5. Reviewnya komplit bos madyang. Ternyata kaca film V-KOOL nisa juga digunakan untuk Bulding

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoiiii...buat bangunan jd adem, ngirit AC :D

      Hapus
  6. Wah baru tau om kalau bisa dipakai buat gedung, jadi tambah adem ya
    Mungkin karena sudah terhitung lama jadi kepercayaan terhadap produk juga akan semakin tinggi ya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. yooii Bima, tanya2 kmr kalo buat gedung sesuai kebutuhan itungnya permeter lorrrr

      Hapus
  7. Wah baru tau om kalau bisa dipakai buat gedung, jadi tambah adem ya
    Mungkin karena sudah terhitung lama jadi kepercayaan terhadap produk juga akan semakin tinggi ya om

    BalasHapus
  8. Kaca film V-Kool ngajakin ngirit berarti ya, di tengah banyaknya kenaikan harga... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. irit selamanya neh hehee...itung2 jd ekonomis jg

      Hapus
  9. Kaca Film VKOOL brand teruji, dengan layanan after sales yg menguntungkan konsumen.
    So berkendara jadi nyaman

    BalasHapus
  10. Dengan teknologi yang canggih, dan sudah teruji kualitasnya gak ragu untuk pilih kaca film v kool ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, berkualitas, tongkrongan pun kerennn

      Hapus
  11. Soal kualitas V-KOOL memang mantap. Percaya ama produk satu ini. Nabung dulu ah buat pasang V-KOOL.

    BalasHapus
  12. luar biasa deh kalo baca ulasan dari sang pakar
    maknyussss :)

    jadi inget, waktu ngaca-ngaca cantik alias bercermin di mobil orang yang ada di parkiran
    eh lagi enak-enaknya ngelap muka, pintunya kebuka di dalamnya ada gadis yang mirip bidadari
    *jadi salah tingkah waktu itu (hi hi hi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haiyaaaa...

      hahahaa VL nya gelapan yess.... awas jangan ngaca di sembarng tempat :D

      Hapus
  13. Infomu lengkap mas.... enak bacanya dan foto2nyaaaa kereeeennnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak dibumboniii yuuuu heheee.... matur nuwun :D

      Hapus
  14. Memang V-KOOL itu bikin tampilan mobil yang udah keren jadi tambah keren dan mewah.
    Ikutan acara kemaren, aku jadi tau bedanya dengan kaca film biasa. Ada harga ada rupa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, betul ...mk biasanya mobil baru bbrp dah langsung ada v-koolnya yes :)

      Hapus
  15. Sudah lama lihat bacaan I am V Kool ada dikaca mobil sy tp ngga pernah aware itu tempelan apa. Sy malah berpikirnya suami atau ayah sy yg sengaja nempelin tulisan itu. Eh ternyata merk kaca film. Baru baru ini aja mudeng apa itu VKool

    BalasHapus
  16. Kaca film rupanya bukan sekedar buat gegayaan aja ya teh tapi manfaatnya itu lhooo.. 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggaya sekalian bermanfaat tuk jaga dari ancaman sinar matahari yess

      Hapus

Featured Post

(VLOG) Slalom Daihatsu New SIRION 2015

Peluncuran Daihatsu City Car NEW SIRION dan Slalom Sirion Time Battle 2015 di Parkir Selatan Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, 14 Februa...