In Tips Trik Oto

Mudik Asyik Bareng Mirage, Nyaman dengan Tips ala Mobil123.com



MUDIK dengan menggunakan mobil pribadi banyak dilakukan perantau. Membekali diri dengan kiat-kiat dan tips mudik agar aman dan nyaman adalah perlu. Mobil New Mirage memberikan penawaran berkendara mudik yang aman dan asyik. Mobil123.com memberikan tips mudik yang sangat bermanfaat. Kayak apa sih mobil Mirage dan tips ala mobil123.com?

Dokpri.
SEJAK merantau puluhan tahun di ibukota, ritual mudik setiap tahun aku lakukan. Mudik itu hal ‘wajib’, secara orang tua masih tinggal di kampung. Maka ajang bermacet ria, ‘berdesak-desakan’ di jalan dengan pengguna jalan jalur mudik lainnya, menikmati jalur pantai utara/ Pantura menjadi ‘hidangan’ yang biasa aku nikmati. Yaa begetulah mudik via jalur darat.

Aku  mudik ke kampong tanah kelahiranku di Wonogiri, sebuah Kota Kabupaten di Jawa tengah yang berbatasan dengan Kab. Pacitan di Jawa Timur. Kota kecil, kotanya perantau di ujung pantai selatan.

Sejak 2011, aku mudik dengan membawa kendaraan pribadi. Sebelumnya siih sering naik bus malam langganan. Namun membawa mobil sendiri lebih menguntungkan secara ekonomis dan juga bisa menjadi transportasi silaturahmi di kampung.

Biasa jalur mudik Jakarta – Wonogiri kutempuh bisa mencapai 20 jam atau lebih. Bahkan pernah selama 25 jam! Tergantung waktunya siih. Jika jauh-jauh hari sebelum lebaran agak lumayan cepat. Masih belum macet banget. Biasanya aku mudik seminggu sebelum hari H.

Eh aku juga termasuk yang pertama kali mencicipi ruas tol baru Cikopo-Palimanan (Cipali) looor. Waktu itu tahun 2015, sejak diresmikan Presiden Joko Widodo pada Sabtu, 13 Juni 2015. Lumayan juga bisa memangkas waktu.

Nah menurut pengalaman siih, memang kondisi lalu lintas bisa berubah-ubah. Pengalihan arus dan sebagainya. Namun pastinya yang perlu dan penting diperhatikan adalah persiapan pra, mudik dan pasca. Tentu agar selamat, aman dan nyaman serta asyik selama perjalanan mudik.

Lalu apa saja sih yang harus dipersiapkan?

Nah informasi yang penting dan perlu tentang mudik aku dapatkan setelah mengikuti acara talkshow bareng Mobil123.com Portal Otomotif No 1 di Tanah Air dan Mitsubishi Indonesia. Terima kasih deh dengan Komunitas ISB yang sudah mengundang aku. Hehee.

Acara yang digelar di Foodism Cafe, Jl. Taman Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (18/5/2017) itu dihadiri para Blogger dan awak media. Bermanfaat banget mendengar sharing dari para narasumber acara bertema "Seberapa Asyik Mitsubishi Mirage Diajak Mudik? Itu.

Hadir narsum Indra Prabowo  selaku Managing Editor Mobil123.com dan Otospirit.com dan juga Intan Vidiasari selaku head of PR & CSR Department PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia. 

Indra Prabowo. (foto GANENDRA)
Oiyaa, ada mobil produksi Mitsubishi Motors, yakni Mirage yang dihadirkan di acara. Ada dua mobil warna merah cantik yang mejeng di depan café Foodism. Sempat foto-foto. Eh aku sebelumnya pernah ikutan menjajal mobil Mirage loorr. Waktu itu tes drive dari Jakarta ke Bogor. Asyik juga menjajal iritnya konsumsi BBM mobil yang berdesain keren itu.

Eh ngelantur, kembali ke laptop. Hehee. Kita kembali ke pertanyaan, “Lalu apa saja sih yang harus dipersiapkan?”

Sharing dari Indra Prabowo dari Mobil123.com, layak dicermati. Menurutnya persiapan yang dilakukan adalah meliputi pra Mudik dan saat mudik. Pra mudik ini meliputi apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mudik. Baik persiapan fisik dan mental pemudik dan juga persiapan sarana yakni mobil serta poin-poin apa saja yang harus diperhatikan.

Pertama tentang kesiapan kesehatan kita. Persiapkan kesehatan kita dan semua anggota keluarga yang turut mudik.

“Jangan bekerja berlebihan, istirahat dan tidur yang cukup, tetap berpuasa, konsumsi 4 Sehat 5 Sempurna dan periksa ke dokter,” kata Indra member tipsnya.

Tips yang cocok banget, soalnya medan jalan dan suasana saat mudik sangat berbeda. Ada kemacetan yang lebih dari hari biasa. Itu memerlukan kesiapan fisik yang prima. Soalnya kan lama di jalan yaa. Pengalamanku siih sebagai pegang kemudi alias sopir, fisik adalah utama. Bayangkan berjam-jam nyetir dengan kondisi macet, panas (soalnya kalau macet, mobil berhenti, AC gak maksimal) dan lain-lain. Mesti tahan staminanya. Lagian gak ada yang nggantiin nyopir hehee.

Tak kalah penting lagi adalah, Persiapkan mobil Anda dengan membawa ke bengkel resmi untuk diperiksa setidaknya seminggu sebelum Anda mudik.

Penting banget kesiapan kendaraan alias mobil. Secara perjalanan jauuh. Jadi perlu mobil yang prima. Tahan untuk jalan jauh. Cek detail di bengkel langganan dan resmi. Bayangkan seperti aku mudik ke Wonogiri yang harus menempuh jarak 760 km dengan kondisi jalan Pantura yang macet butuh mobil yang tangguh deh.

Tips berikutnya adalah, Kumpulkan berbagai macam informasi yang perlu, seperti rencana rekayasa lalulintas, lokasi-lokasi SPBU, titik-titik rest area dan perkembangan pembangunan jalan tol.

Itu penting banget agar perjalanan lancar. BBM jangan sampai habis. Repot banget kan. Terus gunakan rest area semaksimal mungkin, untuk rehat menjaga stamina.

Terus yang tak kalah penting adalah Siapkan dana dan perkirakan apa-apa saja yang akan menjadi pengeluaran. Bener banget ini mah. Pengalamanku saat mudik memang butuh dana cash. Bahkan uang kecil. Biasanya aku siapin recehan, seribuan, dua ribuan dan lain-lain. Perlunya banyak, selain parkir, “Pak Ogah”, atau pun sekedar beli minuman/ makanan ringan.

Nah ada lagi yang mesti dilakukan adalah Inventarisir barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Ada baiknya Anda mengirim barang-barang yang memakan ruang kargo via perusahaan logistik beberapa hari atau pekan sebelum Anda mudik.

Pengalaman siih memang kalau mudik maunya bawa barang apa saja. Padahal harusnya bawa barang seperlunya saja. Apa yang harus dibawa. Jika kebanyakan muatan kan bisa berbahaya. Sering kan liat mobil pas mudik dengan bawaan yang ampuuun deh. Berasa mobil jadi penuh beraneka rupa barang.

Setuju dengan anjuran Indra, agar barang yang sekiranya memakan ruang lebih baik dikirim pos/kargo saja. Lebih aman dan praktis toh?

Mengenal Mirage, Mobil Mudik Brand New Day Mitsubishi

Nah pengenalan mobil sarana mudik, disharingkan oleh Intan di acara yang sama sebagai narsum kedua. Intan Vidiasari selaku head of PR & CSR Department PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia secara lengkap dan detail khususnya tentang mobil New Mirage dengan semangat barunya “Brand New Day”. Semangat yang akan menjadi dasar dalam memasarkan kendaraan Mitsubishi di Indonesia, terutama kendaraan penumpang.

Intan Vidiasari. (foto GANENDRA)
Untuk diketahui saat ini Mitsubishi Motors memiliki 4 line up kendaraan penumpang di Indonesia yakni Pajero Sport – SUV 7 Seater, Outlander Sport – Compact SUV 5 seater untuk urban adventure,  Mitsubishi Delica – Sport Ultility MPV yang sangat nyaman namun tetap tangguh untuk perjalanan dan yang terakhir Mitsubishi Mirage – city car yang imut yang pernah kujajal.  

Materi presentasi Intan. 

Ehh ternyata Mitsubishi Mirage yang sekarang ebda loorr dengan yang lama. Berarti yang kujajal dulu itu udah dikembangin yaaa.  Hmmm dulu aku test drive tahun 2014. Artinya 2 tahun setelah produk pertama kali diluncurkan, yakni pada 2012. Penyegaran sudah dilakukan tahun lalu, yakni  2016. Makanya saat kuliat di halaman Foodism café, beda di desainnya juga interiornya. Pan aku semapt nengok bagian dalamnya.

Konsep Utama New Mirage

Ada tiga konsep utama yang membedakan New Mirage dari model terdahulu.  

Pertama, desain baru yang lebih stylish. Lebih cantik dan pastinya bikin Pede dan makin keren tongkrongannya. Interior, dikembangin dengan desain yang lebih elegan dan nyaman, termasuk leg room yang lebih panjang. Bagian penumpang baris belakang,  memiliki 3 buah headrest yang lebih nyaman untuk perjalanan jauh. Nah bikin mudik jadi nyaman dan asyik toh. 
Mesin tangguh 1.200 cc untuk perjalanan jauh. (foto GANENDRA)
Terus untuk perjalanan panjang pasti butuh ketangguhan mesin dong. Nah Mitsubishi sudah dikenal memiliki engine yang powerful. Mesinnya 3 silinder 1.200 cc broo sis. Ini bikin engine bertenaga. “Makan bensinnya gimana?

Nah untuk konsumsi BBM cukup irit. Dengan 1.200 cc ini pernah diuji pada kondisi berkendara yang sesungguhnya, meliputi jalan perkotaan, luar kota, jalan bebas hambatan (tol), dan jalan berbukit, hasilnya adalah konsumsi bahan bakar  1 liter berbanding 24.2 km untuk transmisi manual dan 1 liter berbanding 22km untuk transmisi otomatis.  Uji coba dilakukan Mitsubishi bareng Lembaga Teknologi Fakultas Teknik Universitas Indonesia, pada Oktober 2016 silam.

Wuiih irit banget itu mah. Aman duit di kantong tak terlalu boros hehe.

Kapasitas Muatan gimana neh?

Nah mudik identik dengan membawa banyak barang bawaan. Biasanya mobil jadi seperti gudang, dimasukkin barang apa ajah. Ayooo ngakuuu! Hahaa. Beneran aku juga getu hehee.

Nah untuk kapasitas, desain kursi baris kedua Mirage dapat dilipat 60:40 sehingga dapat disesuaikan dengan muatan dan penumpang yang dibawa. Nah harus disesuaikan deh dengan penumpangnya. 
Bagasi oke. (foto GANENDRA)
Ingat jangan terlalu full demi keamanan. Ehhh utnuk dedek bayi ada fasilitas car seat, New Mirage dilengkapi dengan Iso Fix dan Tether Anchor yang lebih menjamin keamanan. Ini adalah fitur terbaik di kelasnya. Fitur keamanan bagi penumpang baris kedua juga telah dilengkapi dengan rear seat belt yang lebih aman terutama bila membawa anak-anak.

Nah laju New Mirage bisa dikendalikan dengan fungsi keamanan pada sistem pengereman yang lebih mantap, dengan ABS dan EBD. Ini system yang modern, agar pengereman lebih ‘pakem’ dan aman, tidak ‘ngesot’. Tau kan?

Sooo, bolehlah New Mirage menjadi sarana mudik yang cocok bagi keluarga. Fitur-fiturnya oke, desain cantik bikin keren di kampong nanti hehee. Warnanya juga asyik. Dari tiga varian ada 5 pilihan warna.  Dan pastinya kemanannya terjamin. Asyik kan yaaa. Sukaaaaa deh. Iya loor, ternyata banyak yang suka mobil ini, terbukti pada tahun 2016 New Mirage mendapat gelar Favorite City Car dari pembaca majalah Autocar dalam Autocar Reader’s Choice Award.  

And…bagi kamu papah-papah muda dan mamah-mamah muda pastinya cocok berkendara dengan New Mirage tampilan baru ini. Mudik bergaya dan asyik lagi. #SalamMudik

@rahabganendra

Related Articles

32 komentar:

  1. Ohh mudiknya ke Wonogiri to, wkwkw jadi ingat sama baksonya haha. Wow itu bagasinya bisa muat banyak barang cocok untuk pemudik yang memang biasanya membawa banyak barang kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehee iyaa WOnogiri ....nampaknya okelah mirage buat ke kampung scr lincah dan tongkrongannya oke :)

      Hapus
  2. emg paling enak bawa mobil pribadi untuk mudik berangkat jauh2 hari sblm 7 hari lebaran biar ga terkena buka tutup jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyesss....lumayan ekonomis buat muter2 silaturahmi ke kerabat hehee

      Hapus
  3. Mirage... empat suku kata awalnya, mengingatkan saya pada si dia
    #eaaa gagal pokus nih sama si cantik Mirage dari Mitsubishi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mira? cieeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee :D

      Hapus
  4. Waddowww,...ke wonogiri 24 jam..? Luar binasa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya setelah itu, pasti kuseling nginep :D

      pas arus balek malah pernah 35 jam, jalur selatan :D

      Hapus
  5. Wah jangan lupa persiapan pra mudiknya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener..... harus siap mental dan fisik :D

      Hapus
  6. MUdik Wonogiri mas? aku dulu KKN di sana. Medannya pas banget nih kalau kendarai mitsubshi

    BalasHapus
    Balasan
    1. oyaaa? KKN desa mana yak?

      kelincahan mirage mgk perlu di medan jalan kampung yg tak lebar :D

      Hapus
  7. Kalau pake New Mirage jarak Jakarta-Wonogiri mudiknya bisa sambil mampir-mampir tuh, sekalian travelling dadakan mas, hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mampir pastii....banyak ampiran heheee :D

      Hapus
  8. new mirage ini pas buat keluarga kecil, tempatnya legaan meski sedan hatchback.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaa..lumayan lega, cocok buat keluarga muda, kecil dan bahagia hehee

      Hapus
  9. Sayah pernah ke wonogiri, enak oom tempatnya. Pakai Mirage langsung greeng dah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gak mampirrr rumah hehee....greeenggggg :D

      Hapus
  10. Aih, aku hiitttsss bareng mirage.

    Jakarta-wonogiri mau berapa jam pun kalau pakai mirage tetap nyaman.

    BalasHapus
  11. Liat di foto udah cocok besok mudik tinggal bwa Mirage nya..tau sediri bang mitsubishi tenaganya mantab, pas buat jarak jauh yah

    BalasHapus
  12. Liat di foto udah cocok besok mudik tinggal bwa Mirage nya..tau sediri bang mitsubishi tenaganya mantab, pas buat jarak jauh yah

    BalasHapus
  13. Mirage emang keren,, lebih pas buat keluarga muda...

    BalasHapus
  14. Way cocok tuh pake Mirage ke Wonogiri

    BalasHapus
  15. Wah curang nih, udah 'merawanin' duluan Mirage dua tahun yang lalu. Selain mantap di desain yang paling penting juga irit banget yah di BBM. 👍😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhahahaaa pengen test lageee

      Hapus
  16. Bisa foto-foto sama Mirage baru.
    Asyik banget udah pernah coba test drive-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, pengen test drive yg baru ini heheee

      Hapus

Featured Post

(VLOG) Slalom Daihatsu New SIRION 2015

Peluncuran Daihatsu City Car NEW SIRION dan Slalom Sirion Time Battle 2015 di Parkir Selatan Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, 14 Februa...