In Tips Trik Oto

Bermimpi tentang Mobil Berdaya Angkut Besar, Harga Sesuai Budget


Ketika kendaraan pribadi sudah menjadi kebutuhan; ketika banyak aktivitas membutuhkan sarana transportasi pribadi; dan ketika sisi pragmatis menjadi pertimbangan yang tak bisa ditawar di antara hukum ekonomi—apalagi setiap orang membutuhkan keselarasan antara kebutuhan dan kesenangan—maka hitungan budget menjadi salah satu penentu ketok palu memiliki mobil idaman.

KENDARAAN pribadi, seperti mobil di era sekarang, sudah jamak dimiliki banyak orang. Paling tidak, memiliki mobil tidak lagi didominasi oleh kalangan atas. Ini seiring dengan kemudahan membeli dengan sistem pembayaran yang beragam. 

Selain itu ada sebab lain. Laa... namanya juga orang hidup, maka beraktivitas, bersosialisasi, hingga jalan-jalan menghabiskan waktu libur sudah menjadi kebutuhan. Bukankah menjadi jauh lebih enak bila didukung oleh kendaraan pribadi yang sesuai. Oleh sebab itu, siapa sih yang tidak bermimpi punya mobil yang cocok dalam menunjang segala aktivitas kebutuhan kita?

Bersama keluarga piknik ke Magelang saat momen Lebaran. (Foto dokpri)
Sejak tujuh tahun lalu aku hidup di kota besar seperti Jakarta. Banyak waktu yang kuhabiskan di sini terkait pekerjaan—meskipun aku punya rumah dan saudara di Bogor. Kawasan Jabodetabek bukanlah kawasan yang asing bagi para pekerja urban seperti aku. 

Mobilitas di Jakarta terkait pekerjaan tak kurang berdurasi delapan jam, masih ditambah kegiatan pribadi keseharian. Beruntung jam kerja di kantorku tak begitu ketat. Tugas-tugas yang terkait dunia digital, bisa aku tangani dari mana saja. Syaratnya, akses internet memadai. Namun demikian, itu sudah menghabiskan waktu yang cukup panjang.  

Mobil Tangguh Punya Ruang Luas 

Mobil menjadi kebutuhan vital dalam menunjang pekerjaanku, terutama saat memiliki kebutuhan di luar kantor. Mobil kantor tentu menjadi andalanku. Sarana yang mumpuni memang menjadi hal yang krusial di kota metropolitan Jakarta. Ketangguhan dan kemampuan mobil idamanku yang terpenting menyangkut ruang luas dan lapang. Mengapa? 

Aku memiliki empat saudara kandung di perantauan—kota Bogor. Dengan mobilitas masing-masing sebagai pekerja, mobil menjadi kebutuhan vital, terutama saat berkebutuhan keluar kota, mudik lebaran, hingga sekadar jalan-jalan untuk rekreasi. Jadi bukan sekadar mobil, namun mobil yang berdaya angkut besar. Punya ruang luas, sehingga muatnya bisa banyak.

Terasa banget saat momen mudik. Mudik yang wajib aku jalani tiap tahun untuk bertemu orangtua di kampung. Tahu kan, kalau mudik itu seperti apa kondisinya?

Butuh mobil yang punya ruang luas, karena barang bawaan bejibun. Segala macam pakaian untuk kebutuhan selama di kampung—biasanya minimal seminggu. Belum lagi oleh-oleh buat orang rumah, hingga bawaan lainnya—semua harus bisa masuk. Kebayang kan, mobil jadi semacam gudang ajah, hehee. Tentu saja ini juga tak terlepas dari hitung-hitungan ekonomi. 

Coba bayangkan, dengan membawa mobil pribadi berkapasitas banyak, bisa irit tiket/ongkos, kan. Dari sisi BBM, kalau naik mobil berapa pun penumpangnya, ya sama. Bisa muat enam orang—jika bawaannya banyak. Ekonomis bangetlah, ya.

Bukan itu saja, dengan membawa mobil yang berkapasitas besar, maka saat di kampung mobil itu bisa menjadi sarana untuk bersilaturahmi rame-rame. Maklum, saat di kampung orangnya banyak. Dan, mobil berkapasitas besar sangat menunjang ajang silaturahmi ini.

Selain itu, sebagaimana biasa saat liburan lebaran, kami keluarga besar sering berekreasi ke tempat tertentu. Menginap selama dua malam atau lebih. Maka tak pelak lagi, butuh membawa segala kebutuhan pokok dan tetek bengek lainnya. Itu hanya bisa dilakukan dengan mudah bila mobilnya berdaya angkut besar. 
Bersama keluarga piknik ke Magelang saat momen Lebaran. (Foto dokpri)

Harga ‘Sesuai’ Kantong, Gampang Merawatnya

Namanya juga pekerja dengan penghasilan yang dicukup-cukupkan hehee, beli mobil tentu harus sesuai dengan budget. Harga yang ‘pas’ di kantong alias sesuai budget, relatif terjangkau namun mumpuni menunjang kebutuhan. Gampang merawatnya, dengan biaya bahan bakar yang murah alias irit. Sudah jadi konsekuensi logis bila punya mobil ya mesti mengalokasikan budget untuk BBM. Ini tentu menjadi pertimbangan yang tak kalah penting. 

Juga kemampuannya dalam membawa beban banyak. Ya itu tadi, seperti saat mudik dengan bawaan banyak. Ada lagi, mobil sebaiknya mudah dikendalikan dan lincah, serta memberikan segala kenyamanan dan keamanan bagi pengemudi dan penumpangnya. Pastinya, dukungan komponen akan membuat mobil lebih awet tahan lama. 

Impianku tentang mobil itu mungkin tak berbeda dengan impian orang awam lainnya. Pertimbangan soal harga, berdaya guna dengan kemampuan angkut besar, mudah dalam perawatan, awet, serta ekonomis biaya BBM-nya. Wajar dan sesuai kebutuhan pastinya. 

Nah, rasanya mobil impian sesuai dengan kriteria yang kusebutkan di atas tuh, adalah mobil jenis minivan alias MPV (Multi Purpose Vehicle). Itu tuh, mobil keluarga yang mampu mengangkut penumpang lebih banyak. Mobil yang bikin gak khawatir dengan barang bawaan bejibun. Apalagi ditunjang desain yang kekinian dan harga sesuai budget. Inilah mobil idamanku yang aku yakin juga diminati para konsumen lain di tanah air. #lebihLEGA. (*)

@rahabganendra

Related Articles

74 komentar:

  1. Aku jg paling senang momen trip bersama kluarga dgn mobil pribadi. Impianku jg utk ounya mobil yg bisa membawa bnyak anggota keluarga,irit bensin dan budget yg sesuai.pas bgt utk momen mudik bareng

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudik dgn mobil yg mampu beri muatan banyak itu jadinya praktis, ekonomis yah...buat jalan2 pun okeh :)

      Hapus
  2. Rasanay senang sekali ya kalau pergi bareng keluarga besar, pengin banget bisa begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahh itu seruuu, ajak keluarga besar refresing bareng....#rindupiknikkeluargabesar

      Hapus
  3. lha kok sama to kang.... keluargaku jg besar
    maksude wonge guede2...lha piye, semua laki2
    jadi aku jg pengen bgt punya mobil yang bisa mengangkut anggota keluarga plus barang2nya yg jg pasti banyak...
    tapi dengan bahan bakar yg irit cencunyaaaah...

    ada saran nggak nih kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ituuu yuu..keluarga besar butuh kendaraan yg muat banyak yaaa spt jenis mpv hehee

      rekomen? hmmmmmm kita cari2 info MPV yukkk

      Hapus
  4. Hehe meskipun saya berusia 21 tapi sudah 8 tahun aku terbiasa memegang kendali kendaraan.
    Tentunya memilih mobil besar memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Besar muat banyak tapi berat. Kecil ringan dan tak mudah capek tapi muat tak seberapa banyak. Pengalaman memegang kemudi telah membawa saya terhadap habit jalanan. Dan jangan sampai lupa terhadap penggunaan bahan bakar. Karena hal ini juga merupakan pertimbangan dalam memilih kendaraan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi anak muda...segera menabung untuk memiliki mobil idamanmu dgn keringat sendiri yesss :)

      Hapus
  5. Mudik bermobil itu menyenangkan, bisa barengan dalam waktu lama dengan anak istri. Momen langka setelah masing-masing sibuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru bisa ngumpul dgn keluarga besar, momen berharga banget ...maka aku bela2in meski merantau kudu mudik lebaran

      Hapus
  6. impian saya, bisa nyetir dulu :D tp gabisa2 ah..mentalnya kurang kuat :(
    enaknya mobil berkap-asiti besar bisa ajak banyak orang, keluarga naik mobil, jalan-jalan bareng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah spt kakak perempuanku....blm bs nyetir banget, udah beli mobil....terus modal berani, akhirnya bisa....cmn yaa itu ga berani jalan jauh apalagi via tol hahaa...takut katanya

      Hapus
  7. Wah liat foto-foto bareng keluarga jadi inget almarhum. Punya kesan mendalam mudik sama almarhum ayahanda ke Jawa Timur pakai mobil sampai bisa ke Bali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaa, bersyukur sempat kenal alm...memori berkesan yaa

      Hapus
  8. Saya sempat berkeinginan memiliki mobil kecil/ city car yang minimalis juga eksotis dengan penampilan gayanya yang ramping.
    Namun dikala membawa keluarga besar tentunya akan mengkhawatirkan karena city car biasanya maksimal menampung 4 orang saja.
    Perlu pertimbangan juga dalam memilih kendaraan karena pastinya ingin memboyong seluruh anggota keluarga rekreasi bersama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah jangan pelit2 amitt kalo punya mobil...yg lain bolehlah numpang mk beli yg gedeaan Errr heheeee. apalagi desain mobil skrg maa kece2...semoga terwujud yaa

      Hapus
  9. Aku juga seneng mobil yang luas. Karna faktor muat banyak. Lucu kan kalau punya mobil tapi nggak bisa ngangkut banyak orang dan banyak barang. Kesannya mobilnya cuma buat gaya aja. Moga kesampaian ya punya mobil baru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan bisa teling keliling karesidenan surakarta rame2 yaaa....pan asikkk dan seru hehee

      Hapus
  10. bener banget kang saat ini mobil emang menjadi kebutuhan bukan lagi barang tersier tapi uda primer yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, jaman sudah berubah, kebutuhan primer pun kategori sdh berubah yaaa

      Hapus
  11. Mobil tipe MPV itu memang lebih menyenangkan. selain luas, lega dan muat banyak itu tadi, pemilik juga pasti orang yang gak pelit. kenapa? dia bisa dengan senang hati mengajak orang lain untuk nembeng di mobil dia. ya gak sih bos madyang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mobil gede banyak pahala yaaa...krn bantu nolong orang yg butuh tumpangan hehee.

      Hapus
  12. dari dulu sampa sekarang ujang tetep punya mimpi untuk memiliki mobil pribadi yang berukuran besar, tentunya supaya bisa membawa keluarga tercinta disat mudik atau bepergian, aahhhh indahnya, bismillah semgoa suatu saat nanti bisa mendapatkan mobil impian keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. turut mendoakan Ipan, smg terkabul suatu saat nanti dpt mobil impian keluarga yeee

      Hapus
  13. Punya mobil adalah salah satu impian saya dari dulu yang belum kesampaian mas hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, smg suatu saat kesampean yaa.... turut mendoakan

      jd keinget, 4 tahun lalu, pernah aku kehilangan mobil... ;)

      Hapus
  14. Ayo beli MPV, biar asyik mudiknya ntar

    BalasHapus
  15. Saya juga setuju bangat Mas kalo punya mobil saya pengen MPV gitu, saya juga punya banyak saudara jadi saat jalan-jalan tidak ribet dan pusing mikirin kapastitas mobil karena kekecilan.

    Dan benar bangat Mas beli mobil itu buat menunjang kebutuhan dan hiburan, tapi jangan sampai malah membuat kita stress mikirin harganya yang kemahalan, beli yang sesuai kantong itu benar bangat sih dan yang terpenting gampang dirawatnya dan tidak mudah rewel saat diajak jalan jauh, seperti nanti buat mudik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah tosss Awan heheee...genk kita hehee

      Hapus
  16. Idaman setiap keluarga mas, harga pas dikantong, irit dan luas jadi semua keluarga bisa masuk

    BalasHapus
  17. Mobil daya angkut banyak? Aku langsung terlintas bus �� saat ini selain mobil yang membuat tiap orang mampu beli, juga perlu dipikirkan efek kedepan seperti kemacetan lalu lintasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaaaa yaa nggak mpe bus keleus.... :)

      yaa plg tdk utk bepergian jarak jauh, sehari2 yaa sebijak mungkin deh pakenya.

      Hapus
  18. saya malah pernah punya cita-cita beli mobil travel yg bisa muat sampe 15an orang didalemnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh kalo itu keluarga besaaar bangettt :D .... buat bisnis itu cocok :D

      Hapus
  19. Iyesss MPV memang andalan sesuai dengan Karakter Masyarakat Indonesia!

    BalasHapus
    Balasan
    1. mobil mpv mobil guyub kata saatto...buat rombongan hehe

      Hapus
  20. mobil idaman saya masih di dealer nih pak
    wkwkkwkwk

    tapi iya sih MVP emang ukurannya pas buat keluarga
    meski, saya pribadi lebih suka mobil balap kayak f1
    *eaaa gara2 nonton vettel terus nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayooo anbung..dibeli..dibeliiiiiiiii hahaaa

      Hapus
  21. Nah, iya bener setuju banget kalau mengendarai mobil pribadi itu bisa ngirit budget beneran tuh. Secara bisa mangkas dari segala aspek. Mobil MPV sekarang sudah banyak dijadikan pilihan juga kog, jadi tenang deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. benerrr mpv favorit keluarga besar yaah hehee

      Hapus
  22. Sama kaya saya Mas, pilih mobil yang sesuai kantong dan mudah perawatannya biar kantong ga jebol hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoiiii, sesuai kantong, ekonomis namun mutu msh ok yaa

      Hapus
  23. sama suka mobil MPV juga.. soale keluarga gw aja udah 5 orang... belom barang-barang bawaan... minimal kalo buat nge mal gak takut belanjaan gak muat di mobil dah *gaya bener*

    BalasHapus
    Balasan
    1. nabung..beli...sebelum keluarga makin bertambah besar hehee

      Hapus
  24. Setuju, bos. Impianku yang harus terlaksana itu punya mobil MPV. Cocok banget buat mobil keluarga karena bisa nampung banyak. Secara, keluarga besar. Bisa sekalian silahturahmi ke banyak sedulur bareng bapak dan ibu. Sekaligus jalan-jalan ke banyak tempat rekreasi.

    BalasHapus
  25. sama banget mas Rahab, aku punya tiga anak yang hobi jalan2 ajak sepupu2 mereka, jadi mobil lega itu wajibbbb :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yesss...sblum keluarga makin besarrrrr

      Hapus
  26. Iyes memang bersama keluarga tuh paling asik ya mas. sayangnya sekarang karena banyak yg punya mobil kali ya, jadi terkendala macet. Kalo nggak sama anak kecil milih naik kereta hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener juga, maka saat punya mobil mesti bijak dalam pemakaiannya yesss... :)

      Hapus
  27. Akupun prefer ke MPV karena lebih lega dan luas. Buat yang banyak anak kaya aku, MPV emang lebih pas

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuiihh banyak anakk...keluargaa gedeee ...mpv cucokkk :D

      Hapus
  28. Bener banget. Punya mobil saat ini sdh bukan lagi kebutuhan mewah apalagi yg punya pasukan bejibun. Mobil jenis MPV mungkin bs jadi salah satu solusi utk ngangkut pasukan tercinta menjelajahi dunia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa muat temen2 yg nebeng jg yaa, seruuu thooo :D

      Hapus
  29. Saya pun pengen bgt punya MPV tp dng harga yang gak ngagetin heheh, karena pny mobil lega wajib bgt buat kluarga saya dng tiga anak bongsor plus spupu2 mereka yang sering ikut jalan2 bareng kami..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuppp...mesti pikirin keluarga yg makin besarrr, biar keangkut semua kalo jalan hehee

      Hapus
  30. gimana kalau saya tawarkan mobil kesayangan saya yang bakalan muat diisi oleh seluruh keluarga mang admin, bahan bakar solar, harga super miring, soalnya sedang kepepet butuh duit banget nih, bisa juga bayar setengahnya, mobil dan surat-suratnya bawa, sisanya bisa tahun depan juga boleh deh....jika minat silahkan hubungi saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih tawarannya hehee....ndak dulu, udah ada yg didemenin mobilnya heheee

      Hapus
  31. Seru, aku jadi pengen ngerasain mudik sama keluarga besar.

    BalasHapus
  32. Sekarang, pilihan tipe/jenis mobil kian variatif. Tapi tetap saja harus mikir yang fungsional. Gak mau rugi, kalau bisa cocok buat keluarga dan urusan kerja, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. fungsional yesss....itu baru sesuai kebutuhan

      Hapus
  33. Emang kalo punya keluarga besar itu punya mobil kayak udah "wajib" gitu ya. Soalnya lebih enak buat silaturahmi. Tapi saya juga belum punya sih. Adanya baru pikap di rumah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pikep jg luas yess...tp bs kepanasan dan kehujanan hehee...cari yg teduh dung
      smg bs terlaksana mobil impianya

      Hapus
  34. Awalnya saya juga gak suka MPV, karena saya lebih suka pakai "sedan" yang secara pemakaian lebih nyaman. Namun sekarang saya lebih menyukai MPV karena selain muat "angkut" keluarga dan teman-teman, juga muat angkut barang-barang "usaha". ya intinya MPV tuh selain bisa memberikan kesenangan juga bisa dipakai untuk menambah pundi2 keuangan. Soal kenyamanan, selama kita bisa merawat kendaraan dengan baik maka selama itu juga mobil yang kita pakai akan terasa nyaman. apapun jenis kendaraannya. huhuuuyy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahhh buat bisnisannnn itu yg muat bnyak yesss... smg suksesss usahanya hehee

      Hapus
  35. Indonesia itu memang butuh MPV yang #LebihLEGA karena karakteristik masyarakat yang punya pasukan banyak, jadi mobil paling cocok untuk Indonesia itu ya MPV.

    BalasHapus
  36. Beneran jika mudik itu segala barang pengen di angkut mulai dari sikat gigi thermos hingga bantal dan sleeping bag (untuk istirahat sementara ) kami sampai pasang bagasi di atap mobil.

    Yakin yaa MPV akan memenuhi kebutuhan para pemudik seperti Mas dan keluarga.

    Ojo lali yoo oleh2 mudiknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. siaaap...MPV smg bs beli heheee :D

      Hapus
  37. Jangan cuma mimpi mas Brooo..ayooo segera diwujudkan..nomong2 harga MPV itu kisaran berapaan thoo? cek tabungan buat DP..sisanya ambil angsurannn biar mimpi jadi kenyataan. Bisa nge trip pake MPV ke Wonogiri dengan medan yang menantang..naik turun ...kelak kelok lewat alas ketuuu...jangan lupa selain ajak keluarga...pas acara madyang2 dengan penggila kulinerr..kasih tebengann jugaggg yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wwahhh DPne kumpul2 duluu....biar bs kasih tebeengggggan :D

      Hapus

Featured Post

Fitur Live Chat Mobile123 Bikin Jual Beli Mobil Makin Lancar

Mobil123.com Pengen beli mobil, mesti hati-hati dan perlu bawel agar tak salah dapat barang/mobil Demikian juga saat jual mobil....