In Event Oto Tips Trik Oto

Ingin Berkendara Aman dan Nyaman, Ketahui Cara Merawat Kendaraan Anda

Kendaraan, baik mobil ataupun sepeda motor, butuh perawatan. Tujuannya jelas, agar kendaraan tetap nyaman dipakai dan awet tidak cepat rusak. Memang butuh pengetahuan, minimal pengetahuan dasar yang sebaiknya diketahui. Dan itu bisa dilakukan hanya jika kita memang mau perhatian terhadap kendaraan kita. Misalnya saja, cek rutin ke bengkel, tentu mesti kita perhatikan. Jangan sampai menunggu mogok atapun rusak. Lalu gimana cara merawat kendaraan kita?

***

Hidup di Jakarta yang soal transportasi masih menghadapi masalah klasik, kemacetan, butuh sarana transportasi yang mampu mengantarkan segala aktivitas kita. Selain transportasi masal, ada kendaraan pribadi yang bisa menjadi alternatif. Sepeda motor. 

Sepeda motor lebih lincah di jalanan yang padat kendaraan. Rerata dalam kondisi kerja normal, motor menjadi pilihanku, juga ojek online. Menghadiri undangan acara, liputan ngeblog, jalan-jalan, ‘ngider’ hunting foto dan lain-lain. Mobil hanya saat-saat tertentu, seperti keluar kota ataupun saat weekend yang kondisi jalanan sedikit ‘lega’. 

Mobilitas kendaran yang kugunakan setiap harinya, aku sadari betul butuh perawatan yang rutin. Misalnya untuk sepeda motor, aku tak pernah lupa, karena sudah terjadwal rutin seperti servis berkala. Tentu dong oli harus ganti, kampas rem harus di cek, kondisi ban mesti dipastikan masih dalam kategori aman dan lainya. Begitu pula dengan mobil jadulku, cek ringan dan servis berkala tetap kuperhatikan.

Pastinya motor harus dikondisikan menjamin keamanan dan kenyamanan. Sedikit saja merasa ada yang tak beres dengan gelagat sepeda motor, mesti harus dicek. Sedikit banyak aku paham mesin siih. Karena sering otak atik motor, sejak jaman sekolah menengah atas (SMA). 

Dulu merawat sepeda motorku aku bisa lakukan setiap hari, seiring dengan waktu yang ada. Membersihkan bodi, cek ringan, begitu detail kulakukan. Ibaratnya, satu sekrup atau mur yang hilang, aku pasti tahu hehe. Laaa tiap pagi kulap biar kinclong sebelum berangkat sekolah. 

Namun sekarang, saat sibuk kerja agak jarang. Aku lebih banyak menyerahkan ke bengkel untuk menangani. Yaa pastinya ada alokasi anggaran perawatan setiap 3 bulan. Yang jelas aku perhatian deh dengan kondisinya. Toh buat dipakai sendiri juga, biar aman dan nyaman. 

Bagiku, kita harus berupaya membekali diri dengan pengetahuan perawatan kendaraan kita. Gak perlu tau kayak teknisi motor siih. Yang jelas bisa dan peka terhadap segala gejala tak normal di kendaraan. 
(Foto GANENDRA)

Pengetahuanku soal perawatan motor bertambah, setelah mengikuti acara diskusi  “Merawat Motor Semudah Senyum” yang diinisiasi oleh Mobil123.com di The Hook Restoran, Jakarta Selatan, Selasa 25 April 2017. Keikutsertaanku di acara tak lepas dari joinnya aku di Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB). Dan benar-benar acara bermanfaat karena menyentuh area kebutuhan sehari-hari.

Narasumber dihadirkan yang mengupas dari sisi yang berbeda tentang perawatan motor. Mereka adalah Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123.com, Syafudin selaku Sales Region 3 PT Pertamina Lubricants, Agung Prabowo selaku Technical Specialist Integrated Lubrication Management Academy PT Pertamina Lubricants, Intania Prionggo selaku Public Relation PT Pertamina Lubricants, dan Ipoet Kusumonegoro (Lady Biker). 

Nama terakhir ini adalah putri dari comedian kawan Indro Warkop. Cocok banget, mungkin kegemaran Ipoet terhadap moge/ motor gede menurun dari sang ayah. Ehhh kok yang dihadirkan Lady Biker yaa. Hmmm keknya siih karena berkaitan dengan merayakan Hari Kartini tiap 21 April seeh. Cocoklah.

Dalam acara Indra Prabowo mewakili Mobil123 sebagai Portal Otomotif No.1 di Indonesia berperan sebagai moderator. Ini kali kedua aku bertemu dengan Indra yang sempat membuat kaget di pertama acara dulu di tempat yang sama. Kagetku karena Indra ini mirip banget dengan kawanku dulu yang sedang menuntut studi S3 di Portugal. Beneran ini. Ekspresinya senyum dan ramah selalu. 
Indra Prabowo dari Mobil123. (Foto GANENDRA)

Ehh, kembali ke laptop hehee. Menurut Indra, acara digelar bertujuan untuk berbagi wawasan tentang merawat motor.  Nampaknya Mobil123.com memang bukan hanya soal jual beli mobil saja, namun berbagi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna motor.  Secara pertumbuhan pengguna motor meningkat pesat. 
Intania Prionggo. (Foto GANENDRA)
Apa yang disampaikan Indra diamini oleh Intania Prionggo di kesempatan yang sama. Wanita cantik ini menyatakan agar pengguna motor tidak lalai merawat kendaraannya, khususnya kaum hawa yang mendapat predikat malas merawat motor.

Dan kehadiran Ipoet menjadi menarik, karena sebagai Lady biker, Ipoet adalah sosok wanita yang sangat peduli dengan motornya, khususnya moge. Menurutnya meski cewek ia melakukan sendiri perawatan motornya. Membersihkan bodi hingga kinclong, serta service. Baginya motor harus diperhatikan.

“Merawat motor seperti merawat pacar sendiri," kata Ipoet yang tentu bukan bermaksud bercanda. 
Merawat dari sisi sederhana, misalnya melap tiap hari. Membersihkan dari debu, memanaskan mesin meski tak hendak bepergian dan sebagainya. 
Ipoet. (Foto GANENDRA)
Nah yang menarik dan bermanfaat banget adalah tips merawat motor yang disampaikan oleh Agung Prabowo. Sebagai teknisi, beliau tentu sangat memahami seluk beluk perawatan motor dan mesin. 

Mungkin apa yang disampaikan Agung sudah kita lakukan. Dan mungkin juga ada yang belum kita lakukan. Pastinya bisa mengingatkan jika dalam perawatan motor ada sisi-sisi yang terlupakan. Ada beberapa aspek yang aku simpulkan dari pemaparan Agung. Semoga bermanfaat yaa. 
Agung Prabowo. (Foto GANENDRA)
Oli itu Penting, Jangan Sampai Telat Mengganti, 
Beresiko pada Mesin

Oli dikenal umumnya berfungsi sebagai pelumas. Seiring fungsinya yang memang untuk melumasi mesin agar terhindar dari gesekan kasar. Ini meminimkan keausan. Jadi motor bisa awet, tahan lama. Maka di dalam blok mesin ada oli dengan SAE/ kekentalan tertentu yang mesti diganti secara berkala. Patokannya sihh bisa dari jarak tempuh ataupun dari waktu lamanya. Mana yang akurat? 

Kalau aku siih pakai perasaan hehehe. Keliatan encer yaa ganti. Atau gampangnya yaa bawa ke bengkel, montirnya akan tau. Kalau mobil lebih mudah, karena ada catatan jadwal ganti olinya. Tentunya di bengkel resmi dong yaaa. 

Eehh ternyata fungsi oli bukan hanya sebagai pelumas loor. Ini ditegaskan Agung. Menurutnya fungsi oli ada tiga yaitu clean (membersihkan), lubricate (pelumas) dan cool (pendingin).  Makanya kadang selain oli yang sudah lama terpakai keliatan encer juga warnanya kehitaman. Itu fungsi membersihkan mesin. 
Fungsi oli. (Foto GANENDRA)
Cek Rutin Aki Agar Gak Cepat Soak 

Aki? Jelas ini penting bro sis. Pasalnya aki berhubungan dengan kelistrikan. Gunakan aki yang tepat dan selalu di cek. Untuk aki basah, ada upper, lower yang harus diperhatikan saat mengisi air. Pertahankan batas antara air aki. Biasanya ini sudah masuk dalam daftar service rutin di bengkel. 

Namun kita sebagai penggunanya, tak ada salahnya mengontrol dalam setiap kesempatan. Jika luput dari perhatian, aki bisa soak alias rusak, tak sempurna. Akibatnya berdampak pada kelistrikan. Tentu bisa ganti baru, namun khan nambah cost. Sayang khan?

Gimana Kondisi Rantai, Kendor ataukah Kekencangan 
dan Gir Apakah Sudah Lancip?

Menurut agung, rantai dan gir harus dicek sebelum berkendara. Apakah sudah kendor atau malah terlalu kencang. Dan Gir, cek apakah sudah bergerigi tajam, lancip-lancip atau belum. Ini penting untuk keamanan. 

Dulu aku tuh bingung, rantai itu katanya bisa ‘molor’ atau memanjang. Laa khan terbuat dari besi, kok bisa molor. Ternyata akibat gir yang aus. Dan pernah kejadian saat gir yang sudah lancip giginya, telat diganti. Akibatnya rantai bisa ‘mrusut’, lepas dari gir, tak bisa menggigit lagi. Ini bahaya banget saat motor dalam kondisi melaju. Bisa jatuh karena rantai terkunci tak berputar karena terjepit. Sumpah jangan sampee dah kejadian lagi!

Bagaimana Kondisi Busi dan Kabel Koil, 
Apakah Masih Layak Pakai?

Busi meski bentuknya kecil begitu, tapi sangat vital bagi kendaraan. Tanpa busi gimana motor maupun mobil bisa ‘dinyalakan’ alias distarter. Busi yang kondisinya bagus akan menghasilkan api yang bagus pula. Sebaliknya busi yang kotor dan kondisi mengahsilkan api tak stabil, yaaa pengapiannya tak sempurna. Maka perlu di cek berkala. Karena busi punya daya tahan terbatas. 
Dan jangan lupa kabel koil yang terhubung ke busi. Kabel ini menghubungkan arus listrik ke busi. Jangan sampai lecet, rusak, retak yang dapat menghambat, mengganggu hubungan arus listriknya. 

Selang Bensin Jangan Mampet, 
Kalau Mau Berkendara Nyaman

Nah ini juga penting. Selang bensin rentan bocor. Apalagi jika sudah lama digunakan. Bisa mampet, buntu tak bisa lancar aliran bensin ke ruang pengapian. Perhatikan saat isi bensin sebaiknya di SPBU resmi, karena kualitas BBMnya tetap terjaga.

Aku sendiri pernah mengalami kendaraan ‘anjrut-anjrutan, seperti habis bensin.  Gak bisa ‘lari’ saat digas. Dan ternyata memang selang bermasalah akibat kotoran yang mungkin terbawa dari bensin yang kurang bagus karena membeli di sembarang tempat.  

Jangan Asal Jalankan Motor, Panasin Dulu

Menurut Agung, memanaskan mesin sebelum dijalankan sebaiknya dilakukan. Yaa sekitar 1-2 menit cukup. Tapi kalau sepeda motor yang jarang dipakai, sebaiknya dilakukan pemanasan rutin. Tujuannya agar oli tidak mengental. Ini berhubungan dengan oli sebagai pelumasnya. Olehkarenya penggantian oli secara rutin penting. Patokannya bisa sesuai rekomendasi pabrikan, memakai bulan/minggu, bukan hanya berdasar kilometer.

Perhatikan Tekanan Angin Ban, 
Sesuaikan dengan Ukuran Standar

Lakukan pengecekan tekanan angin ban yang diizinkan sesuai ban yang dipakai. Ikuti ukuran yang standar. Jangan  terlalu keras ataupun kurang angin. Pasalnya bisa membuat tidak nyaman saat berkendara.  Keras saat berlebih anginnya bikin gak nyaman. Boros bahan bakar jika tekanan angin ban kurang. Sooo sesuaikan. 

Benar juga yaa, soalnya kalau kurang angin, tentu gesekan ban dengan jalanan semakin tebal. Bikin berat deh. 

Jangan Sembarangan Menggunakan Part, 
Gunakan Sesuai Rekomendasi Pabrikan

Sebaiknya gunakan part sesuai rekomendasi pabrikan. Ja ngan terpaku atau hanya berpatokan pada  merk/ brand. Kualitas tingkatan part ada di manual maintenence yang terdapat di buku servis. 

Kalau aku siih, soal part sebisanya adalah original. Kecuali lebih bagus juga lebih tahan lama dan nyaman untuk berkendara. Apalagi kalau partnya kurang bagus mutunya, malah bikin ribet, karena jadi keseriangan ganti. Iya thoo?

Cuci dan Salon Motornya, Agar Kinclong 
dan Terlihat Baru Terus

Senada dengan Ipoet ini, motor mesti masuk salon dan dicuci. Tujuannya bukan hanya akan terkesan bersih, tapi juga akan membuat motor menjadi awet dan tampak baru terus. Senang khan jadinya mengendarainya? 

Tapi jangan lupa untuk memperhatikan bagian-bagian tertentu agar tidak kemasukan air. Misalnya saja, knalpot, kelistrikan dan karburasi untuk motor model lama. 
Nah berkaitan dengan tips merawat motor ala Agung diatas, satu hal yang perlu diperhatikan adalah soal oli. Oli yang vital dalam merawat mesin, menghindari gesekan/ aus sekaligus membuat mesin bersih.  

Menarik untuk menjadi pertimbangan dalam memilih oli, seperti disampaikan Syafudin selaku Sales Region 3 PT Pertamina Lubricants. Pertamina Lubricants ternyata sudah memiliki produk oli dengan spesifikasi yang cocok digunakan motor. Bahkan Lamborgini, mobil yang bergengsi itu memakai produknya. 

Untuk sepeda motor yang digunakan sehari-hari, ada produk Enduro Matic G dengan  spesifikasi SAE 20W-40 API SL JASO MB. Oli ini berbahan baku semi sintetik, wangi, dan telah didesain untuk perlindungan terhadap keausan, konsumsi BBM dan akselerasi optimal. Soo pasti ‘ramah’ bhuat pelumas mesin. 

Ada juga Meditran SX Bio dengan spesifikasi SAE 15W-40. Pelumas ini menawarkan kemampuan sebagai pembersih yang bagus, pelumas optimal dan terlebih penting adalah ramah lingkungan, ‘go green’. Semangatnya kekinian banget khan.

Pelumas sintetik lainnya adalah Fastron dengan NanoGuard Technology, ini pelumas sintetik terkini yang berkualitas tinggi. Ada 3 Faston yakni Fastron Platinum, Fastron Gold, dan Fastron Techno. Faston ini memiliki kemampuan optimal melindungi mesin, sekaligus memberikan performance dan akselerasi yang mumpuni. Eeh juga ramah lingkungan loorr.

Syafudin. (Foto GANENDRA)
Produk Pertamina Lubricants. (Foto GANENDRA)
Sooo, jika oli yang digunakan sudah berkualitas oke, part-nya juga oke, maka yang tak boleh dilupakan adalah perawatan. Mengenali tips perawatan kendaraan menjadi penting. Maka aku senang bisa berbagi postingan yang aku yakin sedikit banyak bisa bermanfaat bagi pembaca blog ini. Secara pengguna motor di tanah air sudah bukan barang mewah lagi alias populer digunakan sehari-hari. #SalamOtomotif

@rahabganendra

(Foto GANENDRA)
Noted: Foto Cover. Ilustrasi. Sepeda  motor di sebuah parkiran. (Foto GANENDRA)

Related Articles

22 komentar:

  1. Jadi kapan terakhir cuci motor Mbah? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga sempat nyuci sendiri...bawa ke pencucian :D

      Hapus
  2. Tips merawat motornya bila dijalankan dengan baik insyaAllah motornya awet ya Mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener Wann....motor disayang2 akan awettt deh hehee

      Hapus
  3. kelihatannya sepele ya..padahal kalau sampai nggak ganti oli aja bisa ngerusak mesin :)

    BalasHapus
  4. Olie atau pelumas termasuk bagian penting dalam perawatan kendaraan ini ya? :)
    Produk Pertamina bisa jadi referensi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoii teh...produk2 pertamina mah udah lamaa pakaenya hehe

      Hapus
  5. Terutam oli, memang selalu jadi perhatian khusus dalam merawat kendaraan ya mas, terimaaasih tulisannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kang..oli vital tuk bikin mesin awettt...jgn sampe lupaaaaaaaa

      Hapus
  6. Jaga keselamatan ya oom . Pulanglah dengan selamat. Keluarga menunggu oom di rumah. Pakai oli nya yang terbaik ya oom!
    Sekia

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinyaaa papyyy #duokyh .... pertamina jd andalan :D

      Hapus
  7. Ternyata, penting bener ya ngerawat kendaraan itu loorr. Bahaya kalo ndak dirawat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar awet, tahan lamaaa, dan motor jadi antik sepanjang masa, makin bernilai historinya :)

      Hapus
  8. Makasih ya mas buat tips2nya jd dingetin buat rajin2 nyuci motor hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup...sami2...jgn lupain motor....spt ma pasangan :)

      Hapus
  9. Sama Mas, aku juga lebih suka pake motor kalo lagi urgent dan dadakan. Gak keburu kalo naek mobil. Eh, by the way tips-tips yang dibagi top uy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoiii Dede, ibukota getu loorrrr....

      Hapus
  10. Setuju Bang Rahab, kaga perlu pintar seperti teknisi bengkel yg penting peka dengan kendaraanya sendiri itu udah cukup ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup...tau dan peka ngrasa motor kapan minta dirawat hehee

      Hapus
  11. sebagai perempuan, saya perlu diatas jadi biar ga kudet dan tau merawat motor

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu baruuu....perempuaannn perhatian hehee

      Hapus

Featured Post

(VLOG) Slalom Daihatsu New SIRION 2015

Peluncuran Daihatsu City Car NEW SIRION dan Slalom Sirion Time Battle 2015 di Parkir Selatan Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, 14 Februa...