In Ngulik Oto

Ngulik Keunggulan Toyota All New Sienta Tipe Q



TOYOTA All New Sienta Tipe Q adalah tipe varian tertinggi dari 4 tipe (E, G, V dan Q) yang diluncurkan Toyota. Mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) ini digadang-gadang sebagai mobil yang tepat bagi keluarga dengan ragam mobilitas tinggi di perkotaan. Dari keseluruhan tipe, mengusung konsep modern dengan kenyamanan dan keamanan yang mumpuni.

Dan Sienta tipe Q khususnya memiliki keunggulan kelas atas bak fitur SUV (sport utility vehicle), seiring salah satunya adalah disematkannya fitur Hill Start Assist Control, sebuah fitur canggih yang akrab tersemat di mobil penakluk tanjakan. Bukan hanya itu, desain futuristic pada aplikasi lampu utama, sliding door kanan-kiri yang modern, serta fitur Vehicle Stability Control yang mampu mencegah mobil terguling menjadi fitur yang semakin menjamin keamanan dan kenyamanan berkendara. 

*** 

Seru dan kesempatan yang tak kulewatkan menjajal Toyota All New Sienta di ajang Kompasiana Coverage Sienta Pop Up Playground - Unlock Your Weekend Fashion Bazaar, pada Sabtu, 3 Desember 2016 di The Plaza Flavor Bliss Alam Sutera, Alam Sutera, Serpong, Pakulonan, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten. Acara yang memadukan fashion, accessories, craft bazaar serta test drive Toyota Sienta itu berlangsung seru dan ramai dikunjungi pengunjung. 

Bukan hanya warga namun juga selebriti dan juga desainer fashion muda yang naik daun namanya. Tercatat ada Lustig Designer dan Namirah The Label yang berpartisipasi dengan booth di area acara. Sementara kalangan selebritis hadir Sarwendah, Olivia Jenson, Alice Norin, dan dipandu salah satunya oleh Nicky Tirta. 


Model (Foto GANENDRA)

Praktis karena bernuansa fashion, maka dihadirkan para model yang memperagakan busana koleksi Lustig Designer. Diantara beragam booth mulai busana, aksesoris, produk handmade dan tentunya mobil cantik Sienta berwarna Super White 2 di tengah arena dan Sienta Orange Metalic, para model dengan anggun berlenggak-lenggok tak kalah cantik dengan Sienta. Serasi. 

Ada sekitar 6 model yang langsing, cantik dengan wajah eksotis berganti-gantian menyusuri catwalk panggung, lalu turun mengitari Sienta di tengah arena. Tak pelak, beragam kamera pun berebutan mengabadikan momen itu. Aku pun tak melewatkan momen dengan mengarahkan lensa DSLR ku tak henti. Yesss dapet yang premium, cantik-cantik hehee. 

Kalau kuperhatikan busana mirip nuanasa Jepang yaaa, apa karena Sienta adalah produk asal Jepang hehee. Yang jelas busananya terkesan elegan, cantik, soft dengan dukungan aksesoris seperti sandal berpadu padan kaos kaki. Unik juga. Cocok neh buat kamu-kamu, hai perempuan hehee. 

Acara diwarnai dengan aneka kuis dan tanya jawab dengan selebritis. Salah satunya Sarwendah mantan personil Cherrbell. Artis istri dari Ruben Onsu ini menyatakan kesannya terhadap mobil Sienta yang katanya stylish banget dan mendukung untuk hangout maupun kerja. Secara sering bawa anak untuk urusan bisnis dan pekerjaannya sebagai aris. Ehh beruntung aku, sempat foto bareng dengannya. Yaa Sarwendah ramah banget loorr. Heheee. 

Nah di acara juga digelar ajang test drive Sienta, gratis. Kesempatan yang tak kulewatkan. Sebelumnya sudah menajajal Sienta di ajang “Pop Up Play Ground , Unlock Your Weekend Healthy Living” yang digelar Minggu (27/11/2016) di area The Down Town Parking Area Summarecon Mall Bekasi. Cuman boleh dong menjajal lagi, biar lebih bisa merasakan performa Sienta serta mengetahui lebih detail. 

Kesempatan test drive aku pilih Sienta tipe Q, tipe varian tertinggi dari Sienta. Warna orange metallic. Ditemani sales executive, Amril Maulana aku bersama kawan Kompasianer, Yosep, Rushan, Emanuel Pratomo pun ‘menicipi’ laju Sienta. Berputar dan keliling area The Plaza Flavor Bliss Alam Sutera, aku pegang kemudi. 

 Kesempatan itu sekaligus jadi kesempatan bertanay lebih jauh tentang Sienta pada Amril. Banyak informasi yang kuperoleh sekaligus merasakan sendiri pengalaman mengemudi Sienta 1500 cc ini. Nah dari pengalaman icip-icip sekaligus mencermati Sienta tipe Q ini, aku dapat simpulkan beberapa kelebihan dan keunggulannya. 

Tentu saja bukan berarti tipe lain kurang fiturnya, namun tipe Q tentu memiliki beberapa perbedaan yang sifatnya penambahan fitur. Tentu wajar seiring dengan bandrol harga yang lebih tinggi. Mau tau kelebihan fitur Sienta tipe Q? Sebelumnya bolehlah lihat perbedaan Sienta 4 tipe dalam tabel ini. Juga harganya untuk akhir tahun 2016 ini. Ini dia. Cekidot. 


Spesifikasi Sienta masing-masing tipe. (Ganendra)

Daftar harga 2016 (ganendra)

"Perhatikan lampu depannya Mas, berbeda khan dengan yang itu?” kata Amril sembari menunjuk mobil Sienta tipe lain di seberang.

Lampu yang dimaksud Amril adalah milik Sienta tipe Q. Lampu utamanya kulihat dobel terlihat canggih, yakni memakai lampu Bi-Beam LED Projector dengan LED Lamp dan Auto leveling. Teknologi lampu tersebut memungkinkan tidak mengganggu pandangan pengendara ainnya. Sedangkan lampu LED merupakan satu bohlam lampu terbaik dibandingkan jenis HID ataupun Halogen. Jadi teknologinya sudah menjamin keamanan berkendara. 

Soal transmisi, khusus Sienta tipe Q ini varian transmisinya hanya ada CVT (Continous Variable Transmission) jadi tak ada transmisi manual yaaa. CVT dengan fungsi shiftmatic 7 percepatan. Nah dengan system transmisi CVT ini tidak perlu mengoper tuas perseneling untuk posisi gigi 1,2,3,4 dan seterusnya. Dan ini terasa banget akselerasi terasa lebih lembut tanpa adanya hentakan dari perpindahan gigi perseneling. Halus tanpa ada suara terdengar dari perpindahan gigi. 

Menurut Amril, ini membuat efisiensi bahan bakar karena putaran mesin relatif stabil. Menariknya meski fitur CVT, ada transmisi ‘rasa’ manualnya loohh. Di panel transmisi, paling mentok D, sebelah kanannya ada M warna merah. Itulah gigi Manualnya, dari M1-M7. Jadi saat dipacu melewati kendaraan yang berpostur panjang di depan, kita bisa pindahin tuas transmisi ke sebelah Drive/ D, yakni ke M (Manual). 

Sama seperti manual, tenaganya bisa lebih gede. Bedanya perpindahan dari M1 ke M2 dan selanjutnya halus banget. Tak ada ‘ganjalan’ saat perpindahan gigi. Setiap perpindahan ‘rasa M’ ini akan terlihat di indicator. Jadi pengemudi akan tahu sedang di posisi manual berapa. Aku sempat mencoba perpindahan gigi manual ini. Bener-bener mainnya halus, tak terasa perpindahan giginya. Ini mantap bukan?

Ada fitur menarik yakni, Hill-Start Assist Control (HSA). Fitur ini berfungsi pada saat berkendara di jalan tanjakan. Sistem kerjanya sih, pada saat berhenti di jalan tanjakan, saat kendaraan akan berjalan (melepas tuas rem), kendaraan akan berhenti dengan jeda sekian detik untuk memberi kesempatan kaki berpindah ke pedal gas, tujuannya adalah agar mobil tidak mundur. 

“Ini memberi fitur keamanan, mencegah mobil mundur saat sedang start di tanjakan,” kata Amril. 

Tentunya aman dari kemungkinan menabrak mobil di belakangnya yaaa. Hill-start assist control (toyota) Hill-start assist control (toyota) Nah lengkap juga dengan fitur Anti-Lock Brake System (ABS) dengan Elektric Brake force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). 

Fitur ini juga ada pada Sienta tipe V. Fungsi sistem ABS adalah mencegah roda terkunci saat terjadi pengereman mendadak (panic brake) sehingga mobil masih bisa diarahkan. Sedangkan EBD berfungsi utamanya untuk mengatur tekanan minyak rem yang berbeda-beda ke setia roda tergantung kondisi jalan, kecepatan, beban dan faktor-faktor lainnya. Dan Brake Assist berfungsi menambah tekanan pengereman secara otomatis dengan mengukur kecepatan pedal rem yang diinjak. 

ABS (toyota)

ABS (toyota)

“Sienta tipe Q ini dilengkapi aplikasi rem depan dan belakang cakram lhoo,” kata Amril. 

Pastinya dengan cakram pengereman lebih pakem khan yaa. Ada lagi fitur khusus untuk Toyota Sienta tipe Q adalah adanya fitur Vehicle Stability Control. Fitur ini berfungsi banget untuk mencegah mobil terguling saat kendaraan melaju menikung dalam kecepatan tinggi. Tapi meski ada fitur ini sebaiknya yaaa hati-hati deh, di tikungan jangan sampai laju kecepatan tinggi. Bahaya khan heheee. VSC (toyota) VSC (toyota) 

Nah bicara bagian interior, Toyota Sienta ini terlihat keren di kemudinya. Pasalnya sudah mengaplikasi lingkar kemudi dibalut kulit dengan remote audio. Makin terlihat mewah. Ditambah lagi secara fungsional sangat available baget sebagai mobil keluarga, soalnya ada banyak titik tempat penyimpanan barang di dalam kabin. Ada kompartemen penyimpanan barang seperti minuman, ponsel, hingga sandal di bawah jok samping pengemudi. Ini bisa buat tempat sendal hehee. 

 Lebih kerennya lagi kelebihan Toyota Sienta tipe Q adalah sistem audio canggih berlayar sentuh kapasitif 7 inci DVD AVX dengan MP3/USB/iPod dengan fungsi Mirroring melalui Wi-Fi, internet browser, serta voice command. Fitur Mirroring ini berbasis Android dan Ios yang memungkinkan menampilkan layar ponsel ke layar monitor Sienta. Sooo lebih mudah melihatnya. 

Sinyal sliding door terbuka (Foto GANENDRA)
Selain itu masih ada aplikasi panel instrument dengan layar setuh 4,2 inci TFT. Di panel ini ada beberapa sinyal informasi seperti, penunjuk pintu terbuka, transmisi saat digunakan di system manual, digital jarak tempuh dan lain-lain. Sementara untuk kenyamanan kabin, dilengkapi Auto AC dengan layar digital lengkap double blower. 

Untuk menyalakan mesin ada fitur start-stop. Tinggal pencet. Jadi bikin lebih hemat bahan bakar. Ehh ada fitur keamanan di central lock lhoo. Jadi di central lock Sienta, pintu bisa dibuka khusus yang di pintu pengemudi. Tak terbuka semuanya. Ini menjamin keamanan karena pintu lainnya tetap terkunci. Sering banget khan kejadian kejahatan, penjahat menerobos pintu saat pengemudi turun dari kendaraan. 

Nah satu lagi aplikasi power sliding door di sisi kiri dan kanan. Pintu geser yang ada juga di Sienta semua tipe. Khusus tipe Q, V dan G, system power sliding door. Jadi pintu bisa otomatis dioperasikan dengan menekan tombol. Lebih simple dan tak perlu tenaga banyak. Dengan pintu geser akan memudahkan keluar masuk di ruang sempit parkiran. 

Dan kerennya, pintu geser ini anti terjepit loorr. Jadi aman buat anak-anak. Soalnya saat pintu geser ditutup, bila ada tangan yang menghalangi di jalur pintu, maka pintu geser otomatis tidak akan menutup. Meski demikian, ada stiker peringatannya juga. “Ini aman banget buat anak-anak Mas. Tangan terhindar dari kemungkinan terjepit pintu,” kata Amril sambil memperagakan tangannya dimasukkan ke jalur pintu. Aku pun manggut-manggut. 


Amril sedang memperagakan tangannya (Foto GANENDRA)
Yaaa, yaaa. Keren, Sienta menjamin keamanan penumpang di semua tipe, karena system sliding door. Aku mengerti kenapa Toyota All New Sienta cocok banget buat mobil keluarga. Karena aman buat semuanya. Dan Jika Sienta hadir dengan ragam tipe, karena mungkin disesuaikan dengan kemauan konsumen. Untuk Sienta tipe Q yang jadi varian tertinggi dari ke empat tipe yang ada, tentu untuk konsumen yang pengen fitur lebih. 

Pastinya semua tipe memberi jaminan keamanan dan kenyamanan berkendara. Sooo apa pilihan Anda? #SalamOtomotif 

@rahabganendra 


Artikel ini ditayangkan juga di Akun Kompasiana milik PENULIS, dengan judul "Ini Lhoo Keunggulan Toyota All New Sienta Tipe Q"

Ini Lhoo Keunggulan Toyota All New Sienta Tipe Q

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/rahab2/ini-lhoo-keunggulan-toyota-all-new-sienta-tipe-q_584960bef87e61191a4d3afb
Ini Lhoo Keunggulan Toyota All New Sienta Tipe Q

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/rahab2/ini-lhoo-keunggulan-toyota-all-new-sienta-tipe-q_584960bef87e61191a4d3afb

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Featured Post

(VLOG) Slalom Daihatsu New SIRION 2015

Peluncuran Daihatsu City Car NEW SIRION dan Slalom Sirion Time Battle 2015 di Parkir Selatan Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, 14 Februa...