In Event Oto

Test Drive di Ajang Ford Driving Skills for Life


FORD Indonesia Sabtu 19 Juli 2014 menggelar Driving Skills for Life (DSFL) di Museum Purna Bhakti Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Acara yang bertujuan memberikan bekal dalam melakukan mudik dengan kendaraan pribadi ini diikuti oleh Komunitas Velos, Picanto serta jurnalis dan Blogger dan lain-lain.

Ford Indonesia dikenal memberikan warna tersendiri dalam meramaikan pasar otomotif di Indonesia. Komitmen Ford adalah menyediakan kendaraan terdepan di kelasnya. Menggunakan strategi One Ford memberikan makna bahwa Ford dalam setiap kendaraannya dibangun atas dasar 4 pilar, yakni Quality, Green, Safe dan Smart. 

Oleh karena itu Ford menawarkan desain yang ekspresif, penghematan bahan bakar, fitur-fitur keselamatan penumpang dan teknologi lainnya yang dibutuhkan konsumen.

Lalu untuk lebaran tahun ini apa yang dipersembahkan Ford Motor Indonesia? 

Ford meluncurkan Ford Lebaran Siaga 2014 untuk membantu pelanggan Ford di saat perjalanan mudik ke kampung halaman. Program itu akan dimulai pada dari 24 Juli – 3 Augustus 2014. 

Kongkretnya pihak Ford akan menyediakan bengkel yang beroperasi 24 jam sehari di seluruh dealer yang berlokasi di Jawa dan Bali.

Mas Ipung dari Jakarta Defensive Driving




Nah, kembali ke agenda acara Ford DSFL hari itu, acara meliputi presentasi cara berkendara aman dan nyaman serta test drive mobil Ford yang sudah disediakan, sekaligus berbuka puasa bersama. Dalam presentasi yang dibawakan oleh Mas Ipung (Jakarta Defensive Driving) sangat menambah wawasan baru soal pemahaman berkendara. Acara dikemas santai, bertanya jawab serta tak lupa berbagi hadiah melalui pertanyaan. Pada kesempatan itu peserta yang memenuhi ruangan aula di museum diberikan tips berkendara saat mudik. Apa saja tips mudik berkendara itu? Ada 10 tips yang diberikan sebagai berikut :

1. Selalu mengenakan sabuk pengaman saat berkendara
2. Sesuaikan kaca spion samping dan belakang untuk mendapatkan pandangan yang jelas
3. Mengemudi dengan tenang, antisipasi situasi lalulintas
4. Tetap focus, hindari penggunaan ponsel saat berkendara
5. Pertahankan jarak aman 3 detik antar kendaraan.
6. Sesuaikan pergantian gigi. Mengemudi dengan kecepatan mesin rendah, rentang idela 1,500 – 2,500.
7. Gunakan momentum kendaraan untuk menghemat bahan bakar.
8. Matikan mesin apabila memungkinkan dan pada saat kendaraan berhenti total, misalnya tidak bergerak selama lebih dari 20 detik.
9. Periksa tekanan angin ban dan sesuaikan anjuran
10. Hindari membawa beban berlebihan.

Setelah acara presentasi berlanjut dengan test drive. Empat buah ford ecosport telah siap digunakan. Namun sayangnya waktu yang telah menunjukkan jam 17.00 wib membuat sesi test drive tidak bisa berlangsung lama. Pasalnya mesti berlanjut ke sesi berbuka bersama yang jatuh pada jam 18.00 wib. Praktis hanya ada waktu sekian menit untuk test drive di area halaman museum itu.

Desain dashboarnya keren banget, futuristik

mejeng ahh

Ini para pesertanya
Saya sendiri mencoba  ford titanium ecosport 1500cc. Mobil seharga Rp. 230 juta lebih itu sudah cukup canggih. Oleh instruktur saya dan  para peserta lainnya diberikan pemahaman soal mempersiapkan kendaran. 

Apa saja yang perlu dicek. Meliputi tekanan angin ban, air, oli, kelistrikan, karet. Salah satu untuk memerikas kendaraan adalah dengan mengambil jarak 3 meteran dari depan kendaraan lalu berjongkok. Lihat apakah ada cairan yang menetes. Jika tidak ada berarti kondisi saluran dalam kendaraan sudah siap.

Test drive meliputi zigzag, parkir parallel dan lain-lain. Kebetulan saya tergabung dalam mobil yang mempraktikan parkir parallel. Bodi mobil yang berukuran sedang cukup mudah dikendalikan untuk parkir parallel. Butuh focus dan memaksimalkan sensor belakang, karena parkir dilakukan dengan mundur.

Selesai test drive dan berfoto bersama, berlanjut dengan berbuka bersama. Beragam menu makanan dan minuman tersedia. Hingga jam 19.00 wib acara selesai. Salam Otomotif dan Salam Mudik. (*)




Cek air, oli mesin dan lain-lain

Cek tekanan angin dengan benar
@rahabganendra


Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Featured Post

(VLOG) Slalom Daihatsu New SIRION 2015

Peluncuran Daihatsu City Car NEW SIRION dan Slalom Sirion Time Battle 2015 di Parkir Selatan Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, 14 Februa...