In Ngulik Oto

Ngulik-ulik New Nissan March 1,5 MT

Tampak lampu dan bemper bagian belakang desain baru. (Ganendra)
Senang sekali rasanya pada Sabtu 7 Juni 2014 telah bergabung dalam acara Rally Wisata New Nissan March bareng Kompasiana. Dalam ajang test drive itu selain berkesempatan bertemu dengan sahabat Kompasianer, yang utama adalah sebagai ajang menjajal performa New Nissan March.

Pada tulisan saya sebelumnya berjudul “Weekend Seru Kompasianer’s di Acara Rally Wisata Bareng New Nissan March,” saya telah menceritakan seru dan asyiknya menikmati acara ini. Seru karena berkesempatan menjajal langsung performa New Nissan March warna Green Metallic di rute yang telah ditentukan, yakni dari kantor Nissan March di MT Haryono, Jakarta Selatan sampai Ah Poong di Sentul City, Bogor Jawa Barat.

Nah, pada tulisan kali ini saya ingin menceritakan soal performa New Nissan March tipe 1500 cc dengan transmisi manual yang saya ‘jajal’. New Nissan March tipe 1,5 MT inilah yang saya kendarai sepanjang acara rally wisata, baik sebagai pengemudi maupun penumpang. Tentu saja penilaian saya sesuai dengan yang saya rasakan dan penguasaan pengetahuan soal mekanik mobil ditambah penjelasan dari pihak Nissan March Indonesia (NMI) serta beragam informasi lainnya.

Seperti diketahui bahwa sebagai sebuah perusahaan pemain utama di industri otomotif Indonesia, PT Nissan Motor Indonesia tidak tanggung-tanggung berupaya untuk memberikan produk yang nyaman dan aman dengan fitur-fitur yang mumpuni. 

Berikut ini sejumlah pengamatan saya soal pernik fitur dan impresi berkendara New Nissan March 1,5L MT yang dibuat dan dipersiapkan khusus untuk pasar global ini. Apa saja fitur keunggulan mobil seharga Rp. 182 juta ini?


Eksterior

Memperhatikan eksterior tongkrongan New Nissan March 1.5 MT ini nampak kecil dari luar. Namun belakangan saat saya melihat di dalam, terasa luas dan lega. Dengan desain yang fresh, modern, dan fun terlihat kalau kita perhatikan dari samping. Secara keseluruhan dapat saya bilang desainnya lebih dewasa, mewah dan sporty yang ditunjang dengan penambahan panel baru.
Lampu depan desain dengan lengkungan yang lebih dinamis. Warna lampu paduan warna hitam dengan krom. Desain stylish dan berkekuatan menonjol elegan. (Ganendra)

Bagian depan (kepala), tengah (badan) hingga belakang dengan lekuk-lekuk aerodinamis yang mampu meminimalisir gesekan udara. Desain ini memberikan efek yang enteng dan ringan serta stabil dalam berkendara. Model desain demikian membantu dalam efesiensi penggunaan bahan bakar. Maka layak dan masuk akal bahwa New Nissan March mengklaim irit bahan bakar.
Saya perhatikan lampu depan desain dengan lengkungan yang lebih dinamis. Warna lampu paduan warna hitam dengan krom. Bentuknya stylish dan berkekuatan menonjol elegan. Sinar lampu terang untuk kenyamanan dan keamanan berkendara saat gelap atau malam hari, kondisi hujan maupun berkabut. Cocok untuk ibukota yang kadang cuacanya ekstrim.

Bagian Front Grille baru dengan huruf V yang berkesan mewah. V-shape chrome pada grille berpadu pola dengan sarang lebah di bagian depan. Sekilas pandangan terasa kesan kencang dan sporty. Didukung bagian bemper berdesain baru dengan lengkungan dan lekuk gaya yang memberi kesan kencang, lebih mewah dan bergaya.
Bagian Front Grille baru dengan huruf V yang berkesan mewah. V-shape chrome pada grille berpadu pola dengan sarang lebah di bagian depan. (Ganendra)
New Nissan March ini adalah Velg 15-inch dengan desain dinamis. (Ganendra)
Lalu bagaimana dengan kaki-kakinya? Bagian ‘kaki’ New Nissan March ini adalah Velg 15’ atau roda 15-inch dengan desain dinamis.

Berpindah mengamati bagian belakang. Terdapat desain Rear Spoiler with New LED High-mounted Stop Lamp. Desain lampu belakang LED yang lebih modern dan aerodinamis. Dilengkapi lampu kabut ‘New Fog Lamps’ dengan tampilan desain lebih gaya dengan krom dekorasi dan lampu yang terang.

Hal ini sangat penting untuk perjalanan gelap/ malam hari yang lebih aman. Desain lampu belakang yang baru kalau diperhatikan cermat adalah kombinasi dua warna cerah dan terlihat dari kejauhan, sehingga membantu kenyamanan berkendara. Desain lampu ini berbeda dari tipe sebelumnya. Konturnya terlihat lebih cantik.

Untuk memudahkan parkir mundur, dilengkapi Parking sensors. 4 sensor dipasang di bagian belakang untuk membuat pengendara percaya diri saat parkir mundur. Dilengkapi pula pengatur elektrik pada kedua spion.
New Nissan March 1.5 MT dilengkapi dengan kemampuan berputar arah dengan radius putar minimum hanya 4,5 meter. (nissan.web.id)

Adalagi fasilitas yang menarik, berkonsep city car New Nissan March 1.5 MT dilengkapi dengan kemampuan berputar arah dengan radius putar minimum hanya 4,5 meter. 

Kemampuan ini memudahkan bagi pengendara di perumahan yang biasanya ruangnya sempit dan terbatas. Bayangan saya mobil ini bisa menikung seperti bisa ‘patah-patah’, jadi bila ruangnya sempit mobil bisa berbelok mudah seperti belok dengan kemampuan body yang bisa ‘patah.’

Hal unik lainnya yang saya perhatikan di bagian belakang antara pintu bagasi dan bemper ada panel baru, bentuknya bila diperhatikan lebih unik dan memikat. Oo yaa, ada satu lagi yang unik, ada tambahan fitur yang lebih dibanding Nissan March model dibawahnya. New Nissan March 1.5 MT ini, pada handel pintunya dilengkapi tombol untuk membuka pintu.

Ada kemudahan membuka kunci pintu hanya dengan sentuhan, tanpa perlu memasukkan kunci. New Intelligent Key yang bersinergi dengan tombol start stop. Hal ini mempermudah menyalakan mesin, cukup menekan tombol start stop untuk menyalakan mesin dengan teknologi Immobilizer yang menjaganya dari pencurian.
Tahukan, mana kunci New Nissan March? (Ganendra)

Twit setelah menyalakan mesin New Nissan March 1.5 MT. (Ganendra)

Interior

Kabin dalam, seperti telah saya sebutkan diatas, meski dari luar nampak kecil, namun bagian interior terasa lega. Kita perhatikan bagian jok. Menurut Mas David Hicks selaku Supervisor for Sales and After-Sales Training and Development Specialist Nissan Motor Indonesia, saat memberi pembekalan sebelum starting Rally wisata, kursi pengemudi dan penumpang berlapis fabric berkualitas tinggi.

Bagian kemudi ruang kaki dan depan memadai, porsi duduknya juga pas. Jok dilengkapi seat lifter yang dapat diatur sesuai keinginan dan senyaman mungkin. Hal ini memungkinkan memberi kenyamanan untuk penggunaan sehari hari. Desainnya stylish menghadirkan kesan dinamis pada keseluruhan interior.

Bagian setir/ kemudi dilengkapi elektronik power stering, terasa nyaman dan nikmat dikendarai setiap hari. Bagian setir ini dilengkapi pengatur volume, memberi kesan ‘wah’ dan sporty. Sementara itu Aplikasi console di dashboard dengan warna hitam berkelir piano pinis, yang nampak elegan. Tata letak tombol terlihat rapi dan berkesan futuristik.

Tempat-tempat penyimpanannya pun fleksibel dan fungsional lengkap dengan fitur standard seperti power window, central locks, electric mirrors, door cup holders, console cup holders, glove box, power source, integrated CD Mp3, reading lamp, vanity mirror, hood release, tank release, auto AC, rear defogger, front defogger.
Bagian setir/ kemudi dilengkapi elektronik power stering, terasa nyaman dan nikmat dikendarai. Aplikasi console di dashboard dengan warna hitam berkelir piano pinis, yang nampak elegan. Tata letak tombol terlihat rapi. (Ganendra)

Perangkat ponsel atau smartphone anda lowbat? Tak masalah tinggal dicharge. (Ganendra)
Namun saya melihat hanya ada satu lampu kabin di bagian antara baris depan dan tengah. Hal ini sepertinya akan menyulitkan untuk mencari barang di bagian belakang. Tentunya bisa diantisipasi dengan memakai lampu penerangan lain, seperti senter di handphone yang biasanya menyediakan fitur penerangan.
Bagian Bagasi..(Ganendra)

Multi Information Display (MID)

Bagian belakang cukup lega, dan memberi akses yang memadai bagi penumpangnya. Bagian bagasi lebih luas dan fleksibel dibandingkan mobil sekelasnya. Menampung 265 L dengan kursi belakang konfigurasi lipatan 60 : 40. Ada bagasi ekstra berkapasitas 1,132 L. ada juga ruang simpan ban cadangan di bagian bawahnya.

Bagian yang menarik adalah adanya fitur Multi Information Display (MID). Apa fungsinya? Layar MID berfungsi memberikan informasi standar seperti penggunaan rata-rata konsumsi bahan bakar, trip meter, dan suhu temperatur di luar mobil. Namun ada keunggulan lainnya yakni juga mampu berperan sebagai reminder untuk hal-hal penting ataupun hari ulang tahun dan fitur pesan.

Untuk fitur pesan ‘beristirahat’, MID bisa diseting dan diinput untuk mengingatkan pada pengendara agar beristirahat. Kita bisa mengaturnya sesuai waktu yang kita inginkan. Misalnya akan beristirahat 2 jam kemudian, maka logo dengan lambang secangkir kopi akan keluar 2 jam kemudian. Cukup mudah dan sangat berguna. Apalagi untuk perjalanan jauh ataupun pengingat sudah berapa lamakah kita terjebak macet.


Safety

Seperti dijelaskan Mas David Hicks, Nissan dengan konsep membantu melindungi manusia, selalu berinovasi dengan ‘safety shield’. Maka beberapa fitur keamanan lebih diberikan pada New Nissan March. Keamanan standar terdapat seperti Dual SRS airbag yang terdapat sisi pengemudi dan penumpang bagian depan. Juga ada Rear Intermittent Wiper, yakni wiper bekerja dengan seting waktu yang menjaga pandangan ke belakang tetap jelas meski saat hujan.

Ada fitur tambahan yang tidak ada pada Nissan model dibawahnya, yakni Anti-lock Braking System (ABS) yang memungkinkan mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak, sehingga membantu mempermudah menghindar dalam kondisi darurat.

Saat mobil di depan anda mengerem mendadak  ataupun ada sesuatu yang tiba-tiba menyeberang di depan mobil, lalu secara reflek anda akan mengerem maka roda tidak akan terkunci dan ‘nylonong’ menabrak depannya. Namun mobil akan tergeser kesamping dan segera kembali ke posisi awal yang mudah dikendalikan. Lihat skema cara kerja ABS pada Gambar Ilustrasi di bawah.

Ada lagi Electronic Braking Distribution (EBD) yang berguna untuk menjaga keseimbangan saat rem mendadak. Ada lagi Brake Assist (BA) yang membantu kinerja rem dengan mengurangi jarak pengereman. Skema cara kerja EBD dapat anda lihat pada Gambar Ilustrasi di bawah.
Cara kerja Anti-lock Braking System (ABS). (nissan-me.com)

Cara kerja Electronic Braking Distribution (EBD). (pojoknissan.com)

Satu lagi teknologi baru yang ada pada New Nissan March 1,5 MT ini adalah Vehicle Dynamic Control (VDC).  Teknologi ini memungkinkan mengurangi efek understeer dan oversteer saat melakukan manuver ekstrem. Keseluruhan fitur keamanan ini akan memberi rasa percaya diri dan keyakinan lebih saat berkendara. Pokoknya tak perlu ‘deg-degan’ saat mengemudinya.

Performa

Banyak orang bilang mobil bermesin 3 silinder, tarikannya kurang mantap, ‘larinya’ payah, tak kuat nanjak, mesin bergetar, berisik dan sebagainya. Namun buat saya, saat menyalakan mesin cukup halus. Sempat digeber diatas 100km/ jam mesin tidak meraung dan tidak melayang. Buat saya tak bermasalah. Malah tenaga March 1.5 untuk transmisi manual 5-speed terbilang cukup besar, masih unggul untuk mobil sekelasnya.

Saat mengemudikan performa New Nissan March dengan bermanuver di jalanan, terasa seting suspense cukup empuk nyaman. Pengendalian cukup mumpuni, lincah dan akurat mengikuti kemauan pengemudi. Mudah dikendalikan. Performanya cukup handal, baik bisa dilihat di akselerasi 0 – 100 km/jam yang mampu ditempuh dalam 13,5 detik. Sudah cukup lumayan. Meski belum mampu menyamai atau bahkan lebih cepat dari kompetitor hatchback dengan mesin sekelasnya, bagi saya sudah cukup bagus.

Soal konsumsi BBM tergolong baik, meski bukan yang terbaik di kelasnya. Pengalaman kemarin saat di jalanan kota dan tol yang macet perkiraan mencatat konsumsi BBM yang berbeda-beda. Kondisi jalanan dan cara mengemudi sangat mempengaruhi, namun catatan konsumsi bahan bakar di angka 12,7 km/liter terbilang masih cukup baik.

Nah catatan-catatan di atas yang saya simpulkan dari test drive New Nissan March yang digelar dalam acara Rally Wisata, Sabtu 7 Juni 2014 yang lalu. Kesimpulan berdasarkan pengalaman saya selama mengikuti acara.

Terlepas dari beberapa kekurangan New Nissan March ini, beberapa keunggulan di sisi keamanan dan kenyamanan patut menjadi catatan penting. Bukankah dua hal itu sangat penting dalam berkendara?

Dan dua hal itu berhasil ‘diterjemahkan dengan baik oleh Nissan March Indonesia terbukti dengan beragam penghargaan yang diraihnya, seperti Car of the Year 2011 pada Ajang Otomotif Award dari tabloid Otomotif. Lalu Special Award The Most Efficient Car dari tabloid otomotif juga. Beberapa penghargaan itu menempatkan Nissan March sebagai ‘city car’ terbaik saat ini.

Nah, Anda berminat memiliki New Nissan March khususnya tipe 1500 cc ini? Silakan dapatkan info  selengkapnya langsung di Dealer/ Showroom Nissan wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bintaro, Bekasi dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam Otomotif.
@rahabganendra

Tulisan ini diposting di Kompasiana dengan judul = Mengulik New Nissan March 1,5 MT Ala Kompasianer. 

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Featured Post

(VLOG) Slalom Daihatsu New SIRION 2015

Peluncuran Daihatsu City Car NEW SIRION dan Slalom Sirion Time Battle 2015 di Parkir Selatan Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, 14 Februa...