In Ngulik Oto

Filosofi Konsumen Chevrolet Spin

Chevrolet Spin

Ketika sebuah produk diluncurkan tak lepas dari soal tawaran kualitas dan menu-menu unggulan. Seperti halnya Chevrolet Spin produk mobil bergaya Amerika dengan cita rasa Indonesia ini. Mengusung semangat filosofi keselamatan, kehandalan dan kenyamanan, Chevrolet Spin menampilkan produknya untuk kepentingan kepuasan konsumen. Menarik tentunya untuk diketahui menu dan fitur apa saja yang ditawarkan mobil Amrik ini.
Setelah mencoba langsung jenis Chevrolet Spin LS 1300 cc bermesin diesel dalam acara Chevrolet SPIN Test Drive, Sabtu 14 September 2013 lalu, beberapa fitur keunggulan bisa langsung dirasakan. Fitur produk pabrikan pertama General Motors selaku APM Chevrolet di Indonesia ini, sangat mengutamakan tiga segi, yakni keselamatan, kenyamanan dan kehandalan. Lalu apa saja tawaran Chevrolet Spin dalam memenuhi semangat filosofi konsumennya?
Filosofi konsumen Chevrolet Spin dapat penulis rangkum dalam tiga hal, yakni segi keselamatan, kenyamanan pengendara dan kehandalan mesin. Ketiga hal tersebut diwujudkan untuk mendukung aktivitas dalam berkendara sesuai koridor jaminan kepuasan konsumen.
Keselamatan
Prioritas sisi keselamatan atau keamanan dalam berkendara Chevrolet Spin sangat diperhatikan. Mulai dari standar keamanan, penggunaan safety belt. Safety belf ini melengkapi seluruh jok mulai baris depan hingga belakang.

Sementara itu fasilitas tombol central lock ada di bagian tengah dasbord, tepat di bawah perangkat audio. Unik dibandingkan mobil lainnya yang biasa ada di tombol lock pintu pengemudi, posisi kanan depan. Posisi ini memungkinkan selain pengemudi atau penumpang yang duduk di sebelah pengemudi bisa melakukan penguncian pintu, jika pengemudi terlupa.

Fasilitas untuk memenuhi keselamatan pada kecepatan tinggi. Umumnya perjalanan jarak jauh yang melalui jalan tol, pengemudi memacu kendaraan cukup tinggi, karena jalan tol memfasilitasi itu. Chevrolet Spin pun mengerti akan kebutuhan itu.

Penggunaan baja pada chassis rangka monochoke, ditambah lagi dukungan pilihan suspense McPherson menghasilkan kestabilan kendaraan dalam posisi laju. Kombinasi perangkat-perangkat itu mendukung mesin diesel turbo injeksi Chevrolet Spin dengan commonrail 4 silinder 1.3L mampu dimaksimalkan untuk menghasilkan torsi sebesar 190Nm dan 75 tenaga kuda.

Tak heran saat test drive, dengan kecepatan laju mobil Amrik ini terasa ‘anteng,’ tenang tidak ‘ngleyang,’ limbung ataupun melayang. Kestabilan terjaga dengan baik.
Dasboard didesain praktis demi keselamatan dan kenyamanan. (foto pribadi)
Fasilitas power-steering hidrolik memungkinkan pengendalian terasa mudah dan mulus. Ini memungkinkan pengemudi dapat mengendalikan mobil pada posisi tikungan. Kondisi tikungan dapat dilaui dan dinikmati nyaman tanpa rasa cemas.
Sistem pengisian BBM/ Bahan Bakar Minyak tidak didesain dengan tuas pembuka yang umumnya ada di bagian kemudi. Tutup BBM hanya bisa dibuka dengan kunci. Filosofinya adalah demi keamanan agar saat mengisi BBM, mesin dipastikan dalam kondisi mati. Hal ini terkait tingkat berbahayanya mengisi BBM saat mesin dalam kondisi hidup/ menyala.

Kenyamanan
Faktor kenyamanan berkendara menjadi perhatian dalam fasilitas Chevrolet Spin. Misalnya saja, ruang yang mencukupi dan nyaman untuk 7 penumpang ditunjang dengan ruangan kaki yang terbaik di kelasnya. Dikombinasikan dengan interiornya yang mewah dan lapang.
Desain sarana pendingin Air Conditioner (AC) Chevrolet Spin sangat menarik, dan mungkin baru satu-satunya yang menerapkan. Chevrolet Spin mendesain AC merata untuk bagian depan, tengah dan belakang. Semua bagian itu difasilitas blower AC dengan setingan yang ‘manis’ hingga terlihat elegan. Desain perangkat AC ini memungkinkan kesejukan bisa lebih merata ke seluruh kabin.

Fasilitas AC (bagian atas) di barisan jok ketiga yang bisa diatur sesuai keinginan. (foto pribadi)
Fasilitas sistem audio standar berkualitas bagus. Baik dari fitur radio ataupun CD. Fasilitas radio, misalnya, dimana sering difungsikan untuk memantau keadaan lalu lintas, khususnya di jalanan ibukota. Dilengkapi pula fasilitas koneksi Bluetooth, USB dan Aux In. 

Fasilitas Bluetooth memungkinkan pengendara dapat melakukan komunikasi telepon. Tentunya penggunaan telepon ini disarankan hanya dalam kondisi darurat. Artinya fasilitas digunakan saat kondisi penting, seperti mencari informasi rumah sakit terdekat saat kita berkendara luar kota dan tidak mengetahui kondisi setempat.

Interior Chevrolet Spin yang nyaman dan aman. (foto pribadi)

Bagian jok dapat dilipat 60/40 di baris kedua dan jok baris ketiga yang dapat dilipat sepenuhnya. Hal ini memungkinkan penumpang dapat menempati tempat duduk dengan mudah. Begitupan sebaliknya, mudah saat keluar dari tempat duduk. Namun penulis merasakan secara perform, jok agak terlalu keras.
Posisi penumpang baris kedua dan ketiga dimanjakan dengan posisi ‘seating position’ yang memungkinkan ruang pandang kedepan dan sekeliling lebih luas. Umumnya barisan penumpang ini hanya dapat menikmati pandangan kesamping, kanan atau kiri.
Desain keheningan suara di dalam kabin berkelas dunia. Efisiensi dan hening saat mobil melaju cukup baik. Fasilitas ban yang tepat dan juga pelengkap peredam seperti busa peredam di kap mesin jenis Chevrolet Spin LS 1300 cc sangat menunjang.
Kap mobil Chevrolet Spin LS 1300 cc, dilengkapi busa pendingin. (foto pribadi)

Fasilitas Kunci mobil dilengkapi dengan PIN (Personal Identification Number) dan menggunakan system komputerisasi yang memungkinkan kenyamanan dan keamanan memiliki mobil jenis ini. Sistem ini juga berefek kunci tidak bisa diduplikasi sehingga meminimalisir resiko pencurian mobil. Desain kunci juga unik, dapat dilipat masuk kedalam induk kuncinya, sehingga saat dikantongi tidak ‘menusuk’ kantong.

Kunci mobil dilengkapi PIN dan didesain bisa dilipat ke dalam. (foto pribadi)



Kehandalan
Chevrolet Spin menghadirkan pilihan transmisi otomatis 6-kecepatan pada tipe bensin 1.5L dan transmisi 5-kecepatan manual pada tipe 1200 cc dan 1300 cc. Dukungan mesin di kelas 1200 cc, 1300 dan 1500 cc, berbahan bakar bensin dan solar. Khusus untuk transmisi otomatis dilengkapi fasilitas percepatan hingga 6 kecepatan, caranya mudah tinggal menekan tombol plus atau minus yang mampu menaikkan dan menurunkan kecepatan.
Tingkat konsumsi Chevrolet Spin bahan bakar tergolong rendah. Khususnya Chevrolet Spin bermesin diesel yang menggunakan solar. Teknologi mobil ini sudah mengantisipasi terhadap kualitas solar yang berbeda-beda yang dijual di tanah air. Saat dilakukan tes oleh tim Chevrolet Indonesia dan Amerika sudah dipastikan bahwa Chevrolet Spin masih ‘toleran’ dengan solar di Indonesia.

Fitur dan Spesifikasi Chevrolet Spin LTZ 1.5 Automatic. Tipe lainnya bisa dilihat di http://www.chevrolet.co.id/

Kombinasi perangkat-perangkat baja pada chassis rangka monochoke, ditambah lagi dukungan pilihan suspense McPherson mendukung mesin diesel turbo injeksi Chevrolet Spin dengan commonrail 4 silinder 1.3L mampu dimaksimalkan untuk menghasilkan torsi sebesar 190Nm dan 75 tenaga kuda yang menakjubkan. Hal itu memungkinkan pengendara dapat memacu mobil dalam kecepatan tinggi dengan kondisi stabil dan mantap serta aman.

Namun demikian, beberapa hal perlu diperhatikan saat anda berkendara dengan jenis mobil baru, termasuk Chevrolet Spin ini. Penulis menyarankan saat anda menetapkan pilihan mobil Amrik ini perlu meluangkan waktu untuk lebih mengenal ‘pribadinya.’
Daftar harga Chevrolet Spin segala jenis. (http://www.chevrolet.co.id/offers/prices.html)
Hal ini mengingat beberapa penempatan fitur di Chevrolet Spin yang unik dan berbeda dibanding mobil lainnya, sekaligus memerlukan adaptasi penggunanya. Namun tidaklah sulit. Misalnya saja posisi tuas central door lock, tuas head lamp, posisi transmisi mundur, tuas spion dan lain-lain. Namun tentunya posisi yang ‘tidak biasa’ tersebut dimaksudkan demi memenuhi filosofi konsumen, berkendara dengan aman dan nyaman. Selamat berkendara dengan mobil baru idaman anda, Chevrolet Spin.

Salam otomotif

@rahabganendra

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Featured Post

(VLOG) Slalom Daihatsu New SIRION 2015

Peluncuran Daihatsu City Car NEW SIRION dan Slalom Sirion Time Battle 2015 di Parkir Selatan Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, 14 Februa...